Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Satya Wacana Salatiga meraih kemenangan perdana usai mengalahkan Evos Thunder Bogor dengan skor 65-50 pada laga lanjutan seri kedua Liga Basket Indonesia (IBL) musim 2023 di GOR Bimasakti, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Asisten pelatih Satya Wacana Rahmad Yuli Ardiyanto usai pertandingan mengatakan bahwa para pemainnya mampu menjalankan gameplan sesuai dengan arahan pelatih Jerry Lolowang untuk mengamankan kemenangan perdana atas Evos Thunder.

"Kami bersyukur bisa meraih kemenangan ini, permainan yang kami tampilkan tadi sesuai dengan gameplan dan instruksi pelatih," kata Rahmad.

Ia menjelaskan, salah satu skema yang diterapkan untuk membuka peluang kemenangan tersebut adalah melalui tembakan tiga angka. Meskipun hanya tujuh dari 31 percobaan tembakan tiga angka, namun hal itu memang sesuai dengan gameplan.

"Untuk tiga angka, memang kita banyak coba.Kami mencoba peluang dari situ," katanya.

Baca juga: Prawira Bandung kalahkan Bumi Borneo 98-76
Baca juga: Dewa United bungkam Tangerang Hawks 87-66


Sementara Pelatih Evos Thunder Andre Yuwadi mengatakan bahwa anak asuhnya terbawa dengan pola permainan dari Satya Wacana dalam pertandingan tersebut. Sejumlah momentum yang ada tidak mampu dimanfaatkan untuk membalikkan keadaan.

Menurutnya, para pemain Satya Wacana merupakan skuad yang disiplin dan mampu menahan permainan Evos Thunder untuk menekan ke dalam. Pertahanan yang rapat, menyulitkan Evos Thunder untuk menekan.

"Mereka disiplin untuk, itu yang membuat kita susah untuk membuat kami masuk ke dalam. Mereka bisa membuat kami untuk menghentikan skema itu," katanya,

Memulai kuarter pertama, Satya Wacana dan Evos Thunder sama-sama ngotot untuk mengamankan laga terakhir seri kedua yang digelar di Kota Malang itu. Namun, Satya Wacana mampu mengambil peluang dan menutup kuarter pertama unggul 21-14 atas Evos Thunder.

Memasuki kuarter dua, Evos Thunder berupaya untuk mendekat dan terus menekan permainan bertahan Satya Wacana. Namun, Satya Wacana memperlebar keunggulan menjadi 34-20 atas Evos Thunder, hingga kuarter dua berakhir.

Evos Thunder berupaya untuk mengejar ketertinggalan pada awal kuarter tiga. Namun, Satya Wacana tidak ingin kecolongan dan tetap menahan permainan Evos Thunder. Hingga akhir kuarter tiga, Satya Wacana unggul atas Evos Thunder dengan skor 44-39.

Pada kuarter empat, Satya Wacana berusaha untuk melebarkan jarak perolehan poin atas Evos Thunder. Pada akhirnya, Satya Wacana mampu mengunci kemenangan perdana dengan skor akhir 65-50 atas Evos Thunder.

Pada pertandingan itu, pemain Satya Wacana Shemar Dearies Johnson menjadi pemain yang mencetak perolehan poin tertinggi dengan 24 poin. Sementara dari kubu Evos Thunder, David Haye mencetak 14 poin pada pertandingan tersebut.

Baca juga: Pelita Jaya kandaskan Bali United 80-66
Baca juga: Indonesia Patriots tumbangkan Bima Perkasa 82-57


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023