Pertumbuhan kedatangan wisatawan internasional pada 2022 telah menunjukkan pemulihan yang kuat dari pandemi COVID-19
Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis pariwisata di kawasan ASEAN akan terus tumbuh ditopang dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan UMKM sehingga mampu menghadapi tantangan ekonomi global.

"Pertumbuhan kedatangan wisatawan internasional pada 2022 telah menunjukkan pemulihan yang kuat dari pandemi COVID-19," kata Sandiaga Uno saat membuka The 26th Meeting of ASEAN Tourism Ministers-ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, data terbaru Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) menunjukkan lebih dari 900 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional pada 2022. Meningkat dua kali lipat dibanding pada 2021.

Baca juga: Menparekraf ajak negara di ASEAN perkuat kolaborasi bangkitkan ekonomi

"Meski tingkat perjalanan wisatawan internasional telah meningkat, jumlah tersebut baru tumbuh sekitar 63 persen dari total perjalanan wisatawan internasional saat sebelum pandemi. Timur Tengah dan Eropa menjadi kawasan dengan tingkat pertumbuhan paling tinggi yakni sekitar 83 persen dari sebelum pandemi," katanya.

Sementara Amerika dan Afrika tumbuh 65 persen. Sedangkan untuk kawasan Asia dan Pasifik pertumbuhannya baru sekitar 23 persen dari sebelum pandemi.

"Karenanya saya merasa senang dan bersyukur kita bisa bertemu dalam forum yang akan menjadi permulaan bagi kita meningkatkan pertumbuhan pariwisata di dalam kawasan dengan semangat yang tinggi," katanya.

Ia mengatakan, perjalanan panjang ASEAN menghadapi krisis di sektor pariwisata dalam beberapa dekade terakhir telah membuat masing-masing negara di kawasan semakin tangguh dan diyakini mampu menghadapi tantangan ini bersama.

Menparekraf Sandiaga mencontohkan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia di tahun 2022 yang diperkirakan akan melampaui target di tahun 2023. Terlebih dengan Tiongkok yang telah mencabut kebijakan pembatasan perjalanan, akan membuat potensi perjalanan wisatawan internasional semakin besar.

"Karenanya kami mematok target ambisius di tahun ini dan tahun depan," kata Sandiaga yang juga merupakan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pertemuan istimewa
Ia mengatakan, bagi Indonesia, pertemuan ATF 2023 kali ini sangatlah istimewa. Pertama adalah untuk melanjutkan kesuksesan Presidensi G20 Indonesia juga untuk mengimplementasikan apa yang menjadi komitmen dalam Bali Guidelines G20. Yakni memperkuat upaya pemulihan dengan peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia.

Juga memperluas tujuan ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia dan akhirnya menjadikan gagasan ini relevan dengan tindakan dan hasil yang berdampak di bawah kerangka rencana strategis pariwisata ASEAN tahun 2016-2025.

"Inilah yang membuat Indonesia berkeinginan tinggi mengimplementasikan rencana aksi dengan melakukan 'reskilling", 'upskilling' dan 'newskilling' bagi SDM pariwisata. Memberikan pelatihan juga sertifikasi sehingga akan meningkatkan kemampuan pelaku pariwisata domestik khususnya UMKM," katanya.

Hal tersebut juga sejalan dengan penyeragaman standar kompetensi tenaga profesional di bidang pariwisata dengan menerapkan The ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (ASEAN MRA-TP).

"Dan saya yakin ASEAN MRA-TP merupakan satu kesepakatan yang dapat menjadi simbol penguat komunitas ekonomi ASEAN," katanya.

Ia mengatakan, pertemuan para Menteri Pariwisata kali ini akan diisi serangkaian pertemuan tingkat menteri sektoral di bawah Keketuaan Indonesia sepanjang tahun ini.

"Jadi mari bekerja secara kolaboratif dan buktikan bahwa pariwisata menjadi sektor yang mendorong pertumbuhan dan kita akan bekerja bersama menuju pemulihan yang kuat dan tangguh," katanya.

"The 26th Meeting of ASEAN Tourism Ministers-ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023" dihadiri para delegasi, yakni Permanent Secretary of Tourism and Sports Thailand, Arrun Boonchai; Minister of State Singapore, Alvin Tan; Secretary of Department Tourism Philippines, Christina Garcia Fasco.

Hadir pula Minister of Culture, Information and Tourism Lao PDR, Suanesavanh Vignaket, Minister of Primary Resources and Tourism Brunei Darussalam, Dato Seri Setia Dr. Haji Abdul Manaf Bin Haji Metussin; Secretary of State Kamboja, Thok Sokhom, Minister of Tourism, Arts and Culture Malaysia, Dato Tiong King Sing serta Deputy Secretary General ASEAN Secretariat, Satvinder Singh.

Baca juga: "Opening Ceremony" ATF 2023 etalase promosi seni budaya Nusantara
Baca juga: Badan Otorita Borobudur pamerkan objek wisata Karimunjawa di ATF 2023


Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023