Jakarta (ANTARA) - PT Esensi Solusi Buana (ESB) yang baru saja meluncurkan fitur terbaru ekosistem digitalnya; Ayomakan! hadir dalam Bandung International Food & Hotel Expo (BIFHEX) 2023 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung pada Kamis hingga Minggu (2-5 Februari).

"ESB ingin berkontribusi dalam membantu meningkatkan geliat perekonomian di daerah Jawa Barat dalam bentuk partisipasi di acara ini. Bagi kami ini adalah ajang yang tepat untuk memperkenalkan produk-produk unggulan," kata CEO dan Founder ESB, Gunawan dalam keterangannya pada Sabtu.

Baca juga: Kemenperin fasilitasi industri ikut pameran mamin besar di Indonesia

Mengenai produk dimaksud, Gunawan mencontohkan ESB POS yang merupakan aplikasi kasir online-offline berbasis Windows/Linux yang terintegrasi dengan seluruh ekosistem ESB dalam toko, seperti kitchen display, customer display, captain order, kios pemesanan, sistem ERP, loyalty system, aplikasi pemesanan di luar ekosistem ESB, dan berbagai sistem pembayaran.

ESB memberikan promo menarik mulai dari diskon hingga 70 persen plus gratis langganan 12 bulan dalam acara tersebut.

"Melihat potensi bisnis kuliner yang besar di kota Bandung, ESB ingin dapat membantu lebih banyak lagi pengusaha kuliner untuk mengoptimalkan bisnisnya dengan memanfaatkan ekosistem ESB yang terintegrasi secara seamless," kata Gunawan.

Hadir sejak tahun 2018, hingga saat ini ESB telah menggandeng hampir 8.000 merchant yang sudah terintegrasi dengan ekosistem ESB. Merchant tersebut tersebar di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Solo, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bali.

Perkembangan bisnis pada sektor industri restoran dan rumah makan pada 2022 semakin berkembang seiring dengan memulihnya pandemi COVID-19. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2020, Jawa Barat berada di posisi kedua nasional dengan jumlah usaha penyedia makanan dan minuman sebanyak 1.414 usaha.

Baca juga: ATF 2023 hadirkan pameran pariwisata, UMKM, dan festival kuliner

Di tahun 2022 ini, Kementerian Perindustrian mencatat terdapat kenaikan sebesar 3,68 persen pada segi pertumbuhan sektor industri restoran dan rumah makan. Angka tersebut meningkat dari 2021 lalu yang hanya sebesar 2,95 persen.

Digitalisasi menjadi salah satu jalan yang paling ampuh untuk meningkatkan produktivitas usaha kuliner serta membantu pertumbuhan bisnis. Operasional restoran atau bisnis kuliner dapat lebih efektif dan efisien jika menggunakan software pengelolaan bisnis yang terintegrasi dan dapat dioperasikan melalui berbagai perangkat dan platform.

ESB hadir sebagai solusi akselerasi bisnis kuliner di Indonesia dengan menghadirkan teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner F&B, baik restoran, cloud kitchen, warung makan, dan perhotelan. Teknologi ESB memiliki ekosistem mulai dari proses pemesanan dengan berbagai macam jenisnya, pembayaran kasir, pencatatan pesanan, procurement, loyalty program, hingga booking system.

Bagi pemilik bisnis, mereka dapat dengan mudah mengintegrasikan ESB POS mereka dengan Ayomakan! guna meningkatkan paparan brand mereka, memudahkan order, sampai pembayaran. Sedangkan dari sisi konsumen akan diberi solusi mudah memilih kuliner yang ingin dijelajahi. Konsumen dapat melakukan delivery order hingga pick up. Selain itu konsumen juga dapat mencari referensi tempat makan, melihat tren, dan review melalui Ayomakan!

Baca juga: "Made in Bali" rambah Shanghai

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023