Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke babak final Thailand Masters 2023 di Bangkok, Sabtu.

Pasangan berjuluk The Babies itu mengamankan tiket partai puncak Thailand Masters 2023 setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren yang memaksa mereka bermain rubber game 18-21, 21-17, 21-17.

"Pada gim pertama kami kalah karena telat mengantisipasi permainan lawan. Lawan yang bermain cepat, terlambat kami antisipasi," kata Daniel melalui pesan resmi PP PBSI di Jakarta, Sabtu.

Gim pertama memang menjadi kesulitan tersendiri bagi Leo/Daniel untuk membuka kendali permainan, karena sejak awal mereka sudah ditekan oleh agresifitas Jomkoh/Kedren.

Duo Indonesia tertinggal dengan selisih poin yang terus melebar, misalnya pada skor 1-5, 4-11, 11-17, dan 15-19. Upaya mereka untuk mengejar jelang akhir gim pertama pun sia-sia.

Baca juga: The Babies berusaha bertahan meski alami kelelahan di Thailand

Masuk gim kedua, meski sempat tertinggal satu poin setelah servis pertama, namun Leo/Daniel menciptakan tiga poin balasan dan berbalik unggul 3-1.

Tiga poin beruntun tersebut menjadi awalan bagi Leo/Daniel untuk menciptakan dominasi atas pasangan tuan rumah.

"Untuk gim kedua kami sudah bisa membaca kekuatan lawan. Kami berusaha lebih bermain menyerang dan ternyata berhasil merebut kemenangan," Daniel menyebutkan.

Gim ketiga pun berlangsung seru, dimana kedua pasangan berusaha saling menekan dan memainkan strategi menyerang. adu reli dan drive pun ramai dimainkan.

Baca juga: Leo/Daniel teruskan tradisi juara ganda putra di Istora senayan

Sempat unggul pada paruh awal dan kemudian tertinggal usai interval, Leo/Daniel kembali merebut keunggulan atas lawannya.

"Pada gim ketiga kami bermain lebih taktis. Selain itu tetap menekan dan menyerang lawan agar tidak berkembang permainannya," katanya menceritakan.

Sayangnya potensi "All Indonesia Final" pada nomor ganda putra gagal terwujud, setelah pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri terhenti pada semifinal.

Juara All England 2022 itu dipaksa mengakui keunggulan ganda putra Taiwan Su Ching Hrng/Ye Hong Wei dalam permainan tiga gim. Skor akhir 17-21, 21-13, 19-21 menjadi kepastian terhentinya langkah mereka untuk menyusul Leo/Daniel ke partai pamungkas turnamen BWF Super 300 itu.

Baca juga: Bagas/Fikri tundukkan junior menuju semifinal Thailand Masters 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023