Manokwari (ANTARA) - Sebanyak 673 personil gabungan dari berbagai instansi terkait dikerahkan untuk mengamankan perayaan HUT ke-168 Pekabaran Injil di Tanah Papua yang akan diselenggarakan di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat, pada Minggu (5/2).

"Ratusan personil yang dikerahkan berasal dari TNI, Polro, Basarnas dan pemerintah daerah setempat," Karo Ops Kepolisian Daerah Papua Barat Kombes Pol Erick Kadir Sully saat memimpin apel gabungan di Gelanggang Olahraga Sanggeng.di Manokwari, Sabtu.
 
Ia menjelaskan, kegiatan pengamanan HUT Pekabaran Injil itu dilakukan mulai sejak pagelaran pawai budaya religi yang diikuti ratusan masyarakat dari berbagai elemen.

Selain itu, kata dia, pengamanan dipusatkan di Pulau Mansinam sebagai lokasi puncak perayaan puncak HUT Pekabaran Injil serta di beberapa lokasi lainnya.
 
"Kegiatan pengaman mulai hari ini (Sabtu) karena ada pawai budaya dilanjutkan besok hingga acara penutupan nanti," ujarnya.
 
Seluruh perwira pengendali, kata dia, harus mampu mengontrol seluruh personil agar pengamanan berjalan maksimal.
 
Ratusan personil itu mulai disebar ke berbagai lokasi seperti Bandara Rendani, pelabuhan laut, dan lokasi  lainnya.
 
"Sebab tamu-tamu kita akan datang ke tempat ini, kita harus menampilkan hal yang baik," pesan dia.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi mengimbau agar seluruh elemen masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas) demi terwujudnya situasi yang kondusif di daerah itu.
 
Ia juga berharap peran tokoh masyarakat, adat, agama dan pemuda menjadi sangat penting untuk menyosialisasikan kamtibmas di masing-masing lingkungan mereka, supaya tetap aman dan kondusif dalam pelaksanaan HUT Pekabaran Injil.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023