Jakarta (ANTARA) - Union Berlin naik ke puncak klasemen Liga Jerman berkat kemenangan 2-1 atas tamunya Mainz, pada pertandingan yang dimainkan di Stadion An der Alten Fosterei, Berlin, Sabtu malam WIB.

Klub ibukota itu kini mengoleksi 39 poin, unggul dua poin atas tim peringkat kedua Bayern Munich yang baru akan bermain pada Minggu (5/2). Sementara itu Mainz harus turun satu strip ke posisi ke-12 di klasemen, dengan catatan 23 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Tuan rumah tampil menyerang sejak awal, dan hampir mencetak gol lebih awal saat sepakan mendatar Jerome Roussillon dapat ditahan kiper Mainz Finn Dahmen. Namun gawang Mainz benar-benar kemasukan pada menit ke-33. Umpan silang mendatar Paul Seguin dari sisi kanan dapat disambar Kevin Behrens untuk menjadi gol pembukaan.

Tanpa diduga, Mainz mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-79. Tinjauan VAR memperlihatkan bahwa tangan Seguin mengenai bola di dalam kotak terlarang. Marcus Ingvartsen yang bertindak sebagai algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencetak gol balasan.

Namun Union mampu merespon dengan cepat. Pada menit ke-84 mereka merestorasi keunggulan melalui kerja sama dua pemain penggantinya. Morten Thorsby mengirim bola yang diselesaikan dengan apik oleh Jordan Fefok.
 

Dortmund menang besar

Di Signal Iduna Park, Borussia Dortmund mengukir kemenangan meyakinkan 5-1 atas tamunya Freiburg, yang membuat mereka untuk sementara dapat naik ke posisi ketiga di klasemen dengan 37 poin. Sedangkan bagi Freiburg, kekalahan itu membuat mereka turun satu strip ke posisi keenam dengan 34 poin.

Pada laga tersebut, Freiburg harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-17 akibat kartu kuning kedua yang diterima Kevin Sildillia. Memasuki menit ke-26, Dortmund membuka pesta gol mereka melalui gol yang diukir Nico Schlotterbeck.

Kalah jumlah pemain ternyata tidak membuat Freiburg menyerah. Justru pada menit ke-46 babak pertama, Lucas Hoeler mampu memaksimalkan kemelut di depan gawang Dortmund untuk mengemas gol penyama kedudukan.

Namun babak kedua benar-benar menjadi milik Dortmund. Karim Adeyemi merestorasi keunggulan Dortmund pada menit ke-48 dengan memanfaatkan operan Jude Bellingham. Pada menit ke-51, giliran Sebastien Haller yang menandai kembalinya ia ke lapangan setelah menepi lama akibat kanker dengan gol sundulan memanfaatkan umpan silang Raphael Guerreiro.

Publik di Signal Iduna Park dibuat semakin bersorak pada menit ke-69 saat tembakan jarak jauh Julian Brandt menembus gawang Freiburg. Sebelum Giovanni Reyna menutup asa Freiburg untuk dapat bangkit lewat golnya pada menit ke-82.
 

Pesta gol di markas Bochum

Pesta gol terjadi di markas Bochum saat mereka menang 5-2 atas tamunya Hoffenheim. Tambahan tiga angka tersebut cukup membawa Bochum untuk sementara keluar dari zona degradasi dan menghuni posisi ke15 dengan 19 poin. Sedangkan Hoffenheim tetap berada di posisi ke-14, juga dengan 19 poin.

Bochum membuka keunggulan pada menit ke-22 saat Phillip Hofmann memanfaatkan assist Christopher Antwi-Adjei untuk mencetak gol. Hanya berselang delapan menit, atau pada menit ke-30, Antwi-Adjei kembali memberikan assist untuk dimaksimalkan menjadi gol oleh Phillip Foerster. Pada menit ke-40, giliran pemain Jepang Takuma Asano yang mencatatkan namanya di papan skor, saat ia mampu memaksimalkan umpan kiriman Antwi-Adjei.

Tim tamu memasukkan empat pemain baru pada babak kedua. Hasilnya kemudian terlihat pada menit ke-49 saat Christoph Baumgartner mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan Hoffenheim. Namun Bochum mampu membalasnya melalui gol Erhan Masovic pada menit ke-69.

Kedua tim masih saling berbalas mencetak gol pada fase akhir pertandingan. Munas Dabbur memanfaatkan bola liar untuk mencetak satu gol lagi bagi Hoffenheim pada menit ke-77. Namun gol yang diukir Moritz Brochinski pada menit ke-83 memastikan pesta Bochum, sekaligus gol perdananya untuk Bochum di Liga Jerman.
 

Sementara itu RB Leipzig gagal meneruskan catatan dua kemenangan beruntunnya, saat mereka ditahan imbang tanpa gol oleh Koln. Raihan satu poin memaksa Leipzig turun satu strip ke posisi keempat dengan 36 poin, sedangkan raihan hasil imbang ketiga berturut-turut bagi Koln membuat mereka dapat naik satu strip ke posisi ke-11 dengan 23 poin.

Kemenangan meyakinkan juga didapat Eintracht Frankfurt yang menaklukkan tamunya Hertha Berlin dengan skor 3-0. Gol pembukaan Frankfurt dicetak oleh Randal Kolo Muani melalui eksekusi penalti pada menit ke-21, sebelum pemain Prancis itu menggandakan keunggulan timnya lewat gol memanfaatkan umpan Jesper Lindstrom pada menit 28. Gol penutup Frankfurt tercipta pada menit ke-94 lewat sepakan akurat Aurelio Buta.

Kemenangan tersebut mendongkrak Frankfurt ke posisi kelima dengan koleksi 35 poin. Sedangkan Hertha masih terpuruk di zona merah, yakni di posisi ke-17 dengan 14 poin.
   
Baca juga: Leverkusen telan kekalahan kedua beruntun usai dipecundangi Augsburg
Baca juga: Frankfurt bawa pulang satu poin dari markas Bayern Munich
Baca juga: Union menjadi yang terbaik di ibukota setelah pukul Hertha 2-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023