Bandung (ANTARA) -
Dua gol dari penyerang Persib Bandung Ciro Alves ke gawang PSS Sleman berhasil membawa tim Maung Bandung itu kembali memuncaki klasemen Liga 1 2022-2023.
 
Persib berhasil meraih tiga poin dengan mengalahkan tim berjuluk Elang Jawa itu 2-0 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu.
 
Kini Maung Bandung berada di peringkat pertama klasemen sementara dengan 45 poin, dan menyalip kembali Persija Jakarta yang kini di peringkat kedua. Sedangkan dari laga tersebut, kini PSS tetap berada di peringkat ke-12 dengan mengoleksi 25 poin.
 
Sejak awal laga kedua tim saling berupaya mencari peluang untuk menciptakan gol. Namun hingga menit ke-15, belum ada gol yang tercipta baik dari tuan rumah maupun tim tamu.
 
Pada menit ke-19, PSS mendapat dua kartu kuning sekaligus. Wasit memberi kartu kuning kepada Jihad Ayoub karena menjegal dengan keras Irianto dari arah belakang, dan wasit juga terpaksa memberi kartu kuning kepada Jonathan karena protes atas sanksi yang diberikan kepada Jihad tersebut.
 
Barulah pada menit ke-26, Persib berhasil membuka keunggulan dari sepakan bebas Ciro Alves. Pemain bernomor punggung 77 itu berhasil melesatkan bola dengan tembakan melengkung ke kiri atas gawang M Ridwan.

Baca juga: Polisi izinkan Persib gunakan Stadion GBLA untuk hadapi PSS
 
Setelah itu, Persib tampak beberapa kali memanfaatkan momen serangan balik untuk kembali bisa menambah keunggulan.
 
Akhirnya upaya itu pun membuahkan hasil pada menit ke-39. Lagi-lagi Ciro Alves yang mencatatkan namanya di papan skor untuk Persib Bandung.
 
Saat itu, Persib berada pada momen serangan balik setelah menerima serangan dari PSS. Kemudian Beckham yang menerima bola, langsung menyodorkan bola hingga diterima dengan baik oleh Ciro.
 
Ciro yang kemudian lepas dari kawalan pemain belakang PSS kemudian memperdaya kiper M Ridwan hingga bola bersarang di gawang PSS. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.
 
Pada babak kedua, laga tampak berjalan monoton. Peluang-peluang yang hadir dari kedua tim pun belum bisa mengubah skor sementara.
 
Hingga 10 menit terakhir babak kedua pun belum ada gol yang tercipta. Meski sebelumnya kedua tim telah melakukan beberapa pergantian pemain.
 
Ketika menit ke-90, wasit memberikan tambahan waktu 4 menit untuk pertandingan. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor tak berubah dan memastikan Persib meraih tiga poin atas PSS.

Susunan Pemain:
 
Persib: Teja Paku Alam (PG), Achmad Jufriyanto (C), Rachmat Irianto, Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Dedi Kusnandar, Daisuke Sato, Marc Klok, Beckham Putra Nugraha, David Da Silva, dan Ciro Alves.
 
Cadangan: Victor Igbonefo, Erwin Ramdani, Reky Rahayu, Abdul Aziz, Febri Hariyadi, Ferdiansyah, Frets Butuan, Rezaldi Hehanusa, Ricki Kambuaya, dan Kakang Rudianto.
 
PSS: Ridwan (PG), Marckho Sandi, Derry Rachman, Nur Diansyah, Ifan Nanda, Kim Kurniawan (C), Jihad Ayoub, Jonathan Cantillana, Haris Tuharea, Yevhen Bokhasvili, dan Kevin Gomes.
 
Cadangan: Ega Rizki, Ibrahim Sanjaya, Bagus Nirwanto, Saddam Emiruddin, Riki Dwi, Wahyu Sukarta, Irkham Mila, Manda Cingi, Dedy Gusmawan, dan Rizky Cawor.

Baca juga: Ze Valente terharu dengan dukungan suporter Persebaya Surabaya
Baca juga: Roca akui sulit untuk Arema FC dapatkan poin penuh ketika hadapi PSM
Baca juga: Pelatih sebut kendurnya konsentrasi jadi biang kekalahan Borneo FC

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023