Jakarta yang mewakili Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta agar para Ketua Rukun Warga (RW) hingga Rukun Tetangga (RT), terutama di Jakarta Selatan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wilayah masing-masing saat menyambut kegiatan internasional, khususnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada tahun ini.

"Jakarta Selatan adalah tempat khusus, yaitu tempat menginapnya para delegasi nanti bulan Oktober, yang merupakan tempatnya para kepala negara mengadakan meeting atau rapat tingkat tinggi," ujar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono,​​ dalam acara pertemuan RW se-Jakarta Selatan di Jakarta, Minggu.

Heru berpesan agar para RW bisa menyampaikan pada RT sampai warga untuk melakukan hal yang mudah yakni menjaga kebersihan dan keamanan.

"Agar, Jakarta yang mewakili Indonesia, bisa tetap eksis di negara-negara maju," ucap Heru.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau kesiapan JCC gelar KTT ASEAN 2023

Untuk memberi contoh dan memotivasi kepada seluruh RW, eks Wali Kota Jakarta Utara itu mengungkapkan bahwa hingga sejauh ini, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, adalah daerah yang memiliki Indeks Potensi Kerawanan Sosial yang paling rendah, karenanya ia meminta agar daerah lain mampu menyusulnya.

"Paling rendah artinya, tawuran dan kriminalitas rendah, karena itu saya ucapkan selamat pak wali dan tentunya diikuti oleh yang lainnya," kata Heru.

Indonesia mendapatkan mandat memegang Ketua ASEAN 2023 setelah serah terima dari Kamboja pada 13 November 2022.

Indonesia mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth yang sekaligus juga menggemakan keberhasilan Presidensi G20 pada 2022 yang di Nusa Dua, Bali.

Baca juga: Heru pastikan layanan terbaik untuk penyelenggaraan KTT ASEAN

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku bahwa gedung Jakarta Convention Center (JCC) sudah siap untuk dijadikan tempat penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

"Namun kita akan persiapkan lebih baik lagi untuk 'venue-venue' yang akan digunakan dalam penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Karena, sukses Jakarta untuk Indonesia," ujarnya, Kamis (12/1).

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023