Jakarta (ANTARA) - Napoli mengokohkan posisinya di pucuk klasemen sementara setelah menundukkan tuan rumah Spezia dengan skor 3-0 pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Alberto Picco, La Spezia, Minggu malam WIB.

Tambahan tiga poin membuat Napoli sekarang mengoleksi 56 poin, unggul 16 poin atas Inter Milan dan AS Roma. Sedangkan kekalahan bagi Spezia membuat mereka tertahan di posisi ke-17 dengan 28 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Partenopei baru bisa membobol gawang Spezia pada menit ke-47 melalui eksekusi penalti Khvicha Kvaratskhelia. Sebelum kemudian dua gol Victor Osimhen pada menit ke-68 dan 73 memastikan pasukan Luciano Spalletti membawa pulang tiga poin.

Napoli memulai permainan dengan tampil lambat dan aliran bola yang mudah diprediksi, sedangkan Spezia selalu siap melancarkan serangan balik cepat. Tuan rumah sempat mendapat peluang melalui sepakan melambung Kevin Agudelo, yang membuat geram pelatih Spalletti.

Mattia Caldara hampir membobol gawangnya sendiri saat berusaha mengintersep umpan silang Mario Rui untuk Osimhen, dan dari tendangan sudut yang dihasilkan Giovanni Di Lorenzo melepaskan tandukan melebar.

Kvaratskhelia menggiring bola untuk melewati tiga pemain bertahan dan hanya dapat melepaskan sepakan melebar. Namun masuknya Matteo Politano menggantikan Hirving Lozano pada babak kedua segera mengubah jalannya permainan.

Baca juga: Inilah resep dominasi Napoli pada Liga Italia musim ini

Politano berduel dengan Arkadiusz Reca untuk mengejar bola panjang, tanpa disengaja tangan Reca mengenai bola di kotak terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih, yang dapat dieksekusi dengan sempurna oleh Kvaratskhelia.

Pemain internasional Georgia itu juga sempat melepaskan tembakan yang dapat ditahan kiper Batlomiej Dragowski, setelah berbalik dan mengecoh para pemain bertahan Spezia. Sedangkan Osimhen memasukkan bola ke gawang Spezia, namun tidak disahkan karena adanya pelanggaran terhadap Mattia Caldara.

Napoli kemudian menggandakan keunggulan saat umpan silang Kvaratskhelia terdefleksi, dan Dragowski tidak cukup cepat bereaksi. Bola kemudian dapat disambar Osimhen untuk masuk ke gawang yang kosong.

Gol ketiga kemudian lahir kembali dari Osimhen. Caldara gagal menguasai bola dengan sempurna di tepi kotak penalti, yang membuat Kvaratskhelia dapat mencurinya. Ia kemudian mengirimkan umpan kepada Osimhen untuk disambut dengan sepakan menembus gawang Spezia. Itu merupakan gol ke-16 Osimhen pada Liga Italia musim ini.

Daftar susunan pemain:

Spezia: Batlomiej Dragowski, Ethan Ampadu, Mattia Caldara (Raimonds Krollis 76'), Dimitrios Nikolaou, Kelvin Amian, Salvatore Esposito (Przemyslaw Wisniewski 86'), Mehdi Bourabia, Kevin Agudelo, Arkadiusz Reca, Daniele Verde (Tio Cipot 76'), Eldor Shomurodov (Daniel Maldini 76')

Napoli: Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Kim Min Jae, Mario Rui (MAthias Olivera 74'), Andre Anguissa, Stanislav Lobotska, Piotr Zielinski (Eljif Elmas 62'), Hirving Lozano (Matteo Politano 46'), Victor Osimhen (Giovanni Simeone 82'), Khvicha Kvaratskhelia (Tanguy Ndombele 74').

Baca juga: Ban kapten Skrniar dicopot menjelang derbi Milan
Baca juga: Matteo Darmian perpanjang kontrak di Inter Milan sampai 2024
Baca juga: AS Roma datangkan Diego Llorente dari Leeds dengan status pinjaman

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023