Denpasar (ANTARA) - Bali United Basketball berjanji bakal berbenah untuk tampil lebih baik saat melakoni laga di Liga Basket Indonesia (IBL) 2023 Seri 3 Surabaya pada 11-18 Februari di DBL Arena.

Pasalnya, Tridatu Warriors hanya berhasil memperoleh satu kemenangan dari empat laga yang mereka lakoni di IBL 2023 Seri 2 Malang di GOR Bima Sakti pada 28 Januari-4 Februari.

Surliyadin, small forward Bali United bernomor punggung 52, menyampaikan tim bakal memanfaatkan jeda waktu kurang dari seminggu untuk mempersiapkan diri.

"Semuanya sama kuat sehingga kami tim harus mempersiapkan diri. Apalagi pada gim di Surabaya, lawan yang akan dihadapi cukup baik. Kami berbenah dahulu di Bali sebentar agar di Surabaya kami bisa meraih kemenangan," kata Surliyadin, yang pernah membela Prawira Harum Bandung, sebagaimana dikutip dari laman resmi Bali United Basketball di Denpasar, Bali, Minggu.

Menurut dia, mematangkan skema permainan tim menjadi salah satu persiapan yang bakal dilakukan oleh Bali United Basketball. Oleh karena itu, Surliyadin dkk pada Minggu, pulang untuk sementara waktu ke Pulau Dewata, agar lebih fokus mempersiapkan diri sekaligus pemulihan kondisi fisik para pemain.

Dari total delapan pertandingan yang dilakoni Bali United di dua seri IBL 2023, Tridatu Warriors membukukan tiga kemenangan dan lima kali kalah. Alhasil, Bali United terpaksa turun peringkat di klasemen sementara IBL 2023 dari urutan ke-7 pada akhir Seri 1 menjadi urutan ke-9 pada akhir Seri 2.

Posisi Bali di urutan ke-9 itu masih dibayang-bayangi oleh West Bandits Solo di urutan ke-10, yang baru melakoni tujuh pertandingan dengan hasil tiga kali menang dan empat kali kalah.

Baca juga: Bali United menangi laga penutup seri dua lawan Pacific Caesar

Di IBL Seri 2 Malang, Abraham Wenas dkk berhasil menang 80-72 dari Elang Pacific Caesar Surabaya pada laga penutup di GOR Bima Sakti, Sabtu (4/2). Di tiga laga sebelumnya, Bali United menelan kekalahan berturut-turut dari Bima Perkasa Jogja dengan skor 75-87, Satria Muda Pertamina Jakarta 85-65, dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta 80-66.

Walaupun demikian, satu kemenangan yang dipetik tim asuhan pelatih Anthony Garbelotto itu menjadi modal penting bagi Surliyadin Cs untuk mengawali laga di IBL Seri 3 Surabaya.

“Kemenangan ini sangat penting untuk Bali United Basketball karena dalam tiga gim sebelumnya kami kalah. Ini menjadi modal baik untuk kami menghadapi Seri Surabaya. Karena faktanya semua tim di IBL meningkat dan berkembang sehingga tidak ada lagi tim atas ataupun bawah,” kata Surliyadin.

Asisten Pelatih Bali United Basketball I Gusti Ngurah Rusta Wijaya, yang menjadi juru racik tim saat laga melawan Elang Pacific Caesar, juga menilai kemenangan tim menjadi modal penting karena dapat memberi suntikan semangat bagi Abraham Wenas dkk.

“Kami senang menutup gim Seri Malang ini dengan kemenangan,” kata Rusta sebagaimana dikutip dari laman resmi Bali United Basketball.

Baca juga: Hasil pertandingan IBL seri Malang, Satria Muda puncaki klasemen

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023