Prediksi cuaca dalam 3 hari ke depan, cuaca secara umum berawan dan berpotensi hujan ringan—sedang di sebagian besar wilayah Bali
Denpasar (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan sedang dan hujan lebat yang disertai kilat/petir, dan angin kencang di sebagian besar wilayah Bali pada 5–7 Februari 2023.

Oleh karena itu BMKG meminta masyarakat berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrem seperti kilat/petir, angin kencang, pohon tumbang, banjir, genangan air, dan tanah longsor.

“Prediksi cuaca dalam 3 hari ke depan, cuaca secara umum berawan dan berpotensi hujan ringan—sedang di sebagian besar wilayah Bali. Potensi angin kencang di wilayah Bali bagian selatan dan perairan selatan Bali,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Minggu.

Ia menambahkan pada 5–7 Februari 2023 angin diperkirakan bertiup dari arah barat ke barat laut dengan kecepatan 8–50 kilometer per jam.

BMKG juga memperkirakan beberapa wilayah seperti Buleleng, Bangli, Badung, Denpasar, Klungkung, Karangasem, Gianyar, dan Jembrana bakal turun hujan sedang-hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 6 Februari.

Sementara pada 7 Februari, kata dia, hujan beserta kilat/petir dan angin kencang diperkirakan turun di Jembrana, Buleleng, Tabanan, Badung, Gianyar, Bangli, Klungkung, Karangasem, dan Denpasar.

Tidak hanya peringatan dini untuk hujan lebat dan angin kencang, BMKG juga meminta masyarakat di Bali, terutama yang beraktivitas di wilayah pesisir dan para pelaku kegiatan usaha bahari, agar mewaspadai tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih, khususnya di Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok, dan Samudera Hindia di bagian selatan Bali.

Rinciannya, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali diperkirakan mencapai 0,5–2 meter, di perairan selatan Bali 1–4 meter, di Selat Bali 1–3 meter, dan di Selat Lombok 1–3 meter pada 5–7 Februari 2023.

“Masyarakat umum, nelayan, dan pelaku kegiatan wisata bahari agar mewaspadai potensi angin kencang dan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih,” kata Cahyo Nugroho.

BMKG dalam informasi prakiraan cuaca yang berbeda, juga memprediksi pada 6–7 Februari hujan turun di beberapa tempat wisata di Bali, yaitu di Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, Sanur, Bedugul, Kintamani, dan Besakih.

Di beberapa tempat seperti Nusa Dua dan Kintamani, BMKG memperkirakan potensi hujan petir pada 6–7 Februari.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023