Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimistis tim nasional Indonesia dapat tampil maksimal di Piala Dunia U-20 pada Mei 2023.

Menurut Menpora, tim asuhan pelatih Shin Tae-yong diharapkan bisa lolos dari fase grup, dan tidak berhenti di babak penyisihan.

"Bapak Presiden mengharapkan anak-anak (timnas Indonesia) main secara maksimal. Beliau (presiden) tidak menargetkan muluk-muluk. Presiden tahu (kualitas) tim yang berlaga nanti," ujar Menpora Amali, dikutip dari siaran pers di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Menpora juga menilai perkembangan skuad Garuda Muda mengalami peningkatan di bawah komando pelatih STY, serta adanya tambahan pemain naturalisasi nantinya.

"Semoga dengan kehadiran pemain naturalisasi dapat membantu Timnas Indonesia, meningkatkan kualitas. Mereka (pemain naturalisasi) dalam proses di Kemenkumham, saya sudah koordinasi. Semoga proses itu cepat ya," ujar dia.

Sementara itu, pengundian (drawing) grup Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 1 April 2023.

Baca juga: Menpora: Pengundian grup Piala Dunia U-20 2023 digelar 1 April

Piala Dunia U-20 2023 diikuti oleh 24 negara, termasuk tuan rumah Indonesia, yang akan dibagi ke dalam enam grup. Turnamen ini digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Namun, baru 12 negara yang dipastikan bersaing di kompetisi tersebut yakni Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia dan Slovakia.

Tim-tim lain yang berasal dari benua Asia, Afrika dan Amerika Selatan baru akan ditetapkan usai fase kualifikasi yang digelar pada rentang Februari-Maret 2023. Kualifikasi ini berupa turnamen U-20 di benua-benua tersebut.

Piala Amerika Selatan U-20 berlangsung pada Februari 2023, lalu Piala Asia U-20 dan Piala Afrika U-20 dilaksanakan pada Maret 2023. Para semifinalis dari kejuaraan-kejuaraan itu akan mengunci tempat di Piala Dunia U-20 2023.

Pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-20 2023 akan bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Baca juga: Menpora: Indonesia diizinkan FIFA adakan seremoni Piala Dunia U20
Baca juga: Menilik kualitas Timnas U-20 Indonesia jelang Piala Dunia U-20 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023