Atas nama pemerintah dan rakyat Malaysia, saya ingin menyampaikan simpati dan belasungkawa terdalam kepada para korban dan keluarga serta semua negara yang terkena bencana
Kuala Lumpur (ANTARA) - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyampaikan simpati dan belasungkawa untuk korban gempa bumi dengan magnitudo 7,8 di tenggara Turki pada Senin.

“Saya sangat sedih dengan banyaknya korban jiwa, luka-luka, dan kehancuran besar setelah gempa berkekuatan 7,8 yang melanda provinsi Kahramanmaras dekat Gaziantep pada pagi hari tanggal 6 Februari,” kata Anwar dalam pernyataan persnya.

Gempa besar tersebut juga menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan kehancuran yang sangat besar di negara-negara tetangga.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Malaysia, saya ingin menyampaikan simpati dan belasungkawa terdalam kepada para korban dan keluarga serta semua negara yang terkena bencana. Semoga Allah Yang Maha Kuasa menganugerahi para korban dan yang berduka dengan kesembuhan dan penghiburan yang cepat,” ujar Anwar.

Dia mengungkapkan sebuah tim dari Tim Bantuan dan Penyelamatan Bencana Malaysia Khusus (SMART) terbang ke Turki malam ini untuk membantu otoritas lokal dalam misi Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di daerah-daerah di negara tersebut.

Gempa susulan terus mengguncang Turki setelah bagian tengah dan tenggara negara itu, serta juga Suriah utara, dilanda gempa bumi berkekuatan M 7,8.

Baca juga: Dompet Dhuafa akan kirimkan bantuan kepada korban gempa Turki

Berdasarkan catatan laman badan cuaca dan geofisika Amerika Serikat (USGS), sampai pukul 13.51 waktu setempat atau 17.51 WIB, sudah sekitar 34 gempa susulan yang berkekuatan besar di atas Magnitudo 4 mengguncang wilayah tenggara negara yang menapak di dua benua itu.

Gempa susulan berkekuatan besar ini memiliki skala antara paling rendah Magnitudo 4,2 sampai tertinggi Magnitudo 7,5.

Berdasarkan pembaruan data korban dari media-media asing termasuk The Times, Sky News, AP dan BBC, jumlah korban tewas akibat gempa bumi di Turki dan Suriah sudah mencapai sekitar 1.000 orang.

Laman harian terkemuka Turki, Hurriyet, menyebutkan daerah-daerah terparah tertimpa gempa dengan jumlah korban banyak adalah Pazarcık, Elbistan dan Turoglu yang semuanya berada di Provinsi Kahramanmaras yang tepat di utara Provinsi Gaziantep yang berbatasan dengan Suriah.

Badan penanggulangan bencana Turki (AFAD) menyebutkan bahwa gempa bumi dahsyat itu berkedalaman 7 km di bawah permukaan distrik Pazarcık di Kahramanmaras, pukul 04.17 pagi waktu setempat.

Pazarcık bahkan diguncang 66 gempa susulan tak lama setelah gempa utama dan kekuatannya di atas 5 Magnitudo.

AFAD mengungkapkan provinsi-provinsi yang terkena gempa adalah Gaziantep, Sanlıurfa, Diyarbakır, Adana, Adıyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay dan Kilis, selain juga Suriah dan Lebanon.

Baca juga: Gempa susulan terus guncang Turki, korban capai seribuan

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023