Jakarta (ANTARA) - Leeds United memecat pelatih Jesse Marsch pada Senin, setelah pria AS itu gagal membawa klub menjauhi zona degradasi Liga Inggris.

Kekalahan 0-1 Leeds di markas Nottingham Forest pada Minggu, membuat mereka unggul hanya satu posisi di atas zona degradasi, setelah mencatatkan tujuh pertandingan tanpa kemenangan di liga.
 
"Leeds United dapat mengonfirmasi bahwa pelatih kepala Jesse Marsch telah dibebaskan dari tugas-tugasnya," demikian pernyataan di laman resmi klub.

"Kami ingin berterima kasih kepada Jesse dan para stafnya untuk usaha mereka, dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan mereka. Proses penunjukan pelatih baru sedang berlangsung, dan kami akan terus memperbarui informasi kepada para penggemar dalam beberapa hari mendatang," tambahnya.

Baca juga: Liga Premier Inggris dakwa Manchester City langgar sejumlah aturan FFP

Selain Marsch, para asistennya yakni Rene Maric, Cameron Toschak, dan Pierre Barrieu juga dipecat.

Marsch diikat kontrak tiga tahun untuk menggantikan Marcelo Bielsa yang juga dipecat. Ia datang ke Leeds saat tim itu menduduki posisi ke-16 pada Februari tahun lalu.

Meski awalnya diragukan oleh para penggemar, karena dianggap minim memiliki pengalaman di Liga Inggris, namun Marsch kemudian dapat menyelamatkan Leeds dari ancaman degradasi berkat kemenangan di markas Brentford pada pertandingan terakhir liga musim lalu.

Namun setelah mengukir catatan manis tersebut, Marsch gagal meneruskan progres timnya ke arah yang lebih baik. Tim asuhannya hanya mampu memenangi empat dari 20 pertandingan Liga Inggris musim ini, dan menelan sepuluh kekalahan.

Sejumlah nama digadang-gadang berpotensi mengisi posisi Marsch, yakni mantan pelatih Aston Villa Steven Gerrard, pelatih West Bromwich Albion Carlos Corberan, dan mantan pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino.

Leeds akan menjalani dua pertandingan liga melawan salah satu musuh bebuyutan mereka, Manchester United. Mereka akan melawat ke Old Trafford pada Rabu (8/2) dan kemudian menjamu Setan Merah di Elland Road pada Minggu (12/2).

Baca juga: Gelandang Juventus McKennie gabung Leeds sebagai pemain pinjaman

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023