Jakarta (ANTARA) - Lazio gagal naik ke peringkat ketiga di klasemen Liga Italia, setelah ditahan imbang tuan rumah Verona dengan skor 1-1, pada pertandingan Liga Italia giornata ke-21 di Stadion Marcantonio Bentegodi, Verona, Selasa dini hari WIB.

Hasil imbang kedua secara beruntun itu hanya membuat Lazio tetap berada di posisi keempat dengan 39 poin. Verona juga gagal meninggalkan zona merah dan tetap berada di zona merah, yakni posisi ke-18 dengan 14 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Tuan rumah yang ingin menjauhkan diri dari zona degradasi mengancam sejak awal. Sepakan Cyril Ngonge mengejutkan kiper Ivan Provedel, Josh Doig kemudian gagal memaksimalkan bola pantul.

Peluang selanjutnya masih menjadi milik Verona lewat tendangan melebar Ngonge dan sundulan tidak akurat Diego Coppola. Lazio balas mengancam melalui sepakan Ciro Immobile memanfaatkan umpan tarik Sergej Milinkovic-Savic yang masih belum membuahkan gol.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-45. Pedro mendapat bola dengan posisi punggungnya menghadap ke gawang di dalam kotak penalti, untuk kemudian berbalik arah, dan melepaskan sepakan penyelesaian kaki kiri ke sudut atas gawang Verona.

Verona menyamakan kedudukan pada menit ke-51. Diawali tendangan bebas Darko Lazovic dari sisi kiri, Ngonge dapat mengatur waktu berlarinya dengan tepat untuk kemudian menyambut bola tersebut dengan sundulan kepala.

Lazio hampir merestorasi keunggulan beberapa ment kemudian, ketika Laziovic melepaskan tendangan kaki kanan dari tepi kotak penalti yang membentur tiang gawang Verona. Gawang Lazo pun tidak aman dari ancaman, ketika kiper Ivan Provedel harus keluar dari sarangnya untuk menggagalkan sepakan sepakan voli Josh Doig.

Penalti Messina gagalkan kemenangan Sampdoria

Pada pertandingan yang dimainkan setelahnya, penalti gelandang Monza Matteo Pessina menjelang laga usai mencegah Sampdoria mendapatkan kemenangan keempatnya di liga musim ini, dan harus puas berbagi hasil imbang 2-2.

Sampdoria membuka keunggulan melalui gol Manolo Gabbiadini pada menit ke-12. Pemain 31 tahun itu mematahkan perangkap offside dan menerima bola kiriman Sam Lammers, ia kemudian melepaskan sepakan akurat untuk membobol gawang tuan rumah yang dijaga Michele Di Gregorio.

Monza lantas menyamakan kedudukan pada menit ke-33. Andrea Petagna menerima bola di kotak penalti, dan mengecoh bek Bram Nuytinck untuk melesakkan tembakan dari sudut sempit.

Harapan Sampdoria untuk meraih kemenangan sekaligus memperbesar peluang lolos dari ancaman degradasi muncul pada menit ke-58, ketika Gabbiadini mengemas gol keduanya. Nicola Murru melepaskan umpan silang dari sisi kiri yang ditanduk Mehdi Leris, kiper Di Gregorio mampu menahannya, namun ia tidak berdaya saat Gabbiadini menyambar bola pantul.

Sayangnya kemenangan yang sudah di depan mata gagal diraih Sampdoria. Pelanggaran Nicola Murru terhadap Petagna di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih. Pessina yang diberi tanggung jawab sebagai eksekutor sukses mengecoh kiper Emil Audero untuk mengamankan satu poin bagi Monza.

Hasil itu membuat Sampdoria tetap menghuni posisi ke-19 klasemen dengan sepuluh poin, sedangkan Monza berada di posisi kesepuluh dengan 26 poin.


Baca juga: Juventus harus hindari tersingkir dari Serie A, kata Allegri
Baca juga: Ban kapten Skrniar dicopot menjelang derbi Milan
Baca juga: Gol semata wayang Darmian antar Inter ke semifinal Piala Italia
Baca juga: AC Milan dihajar Lazio empat gol tanpa balas

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023