Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan memberikan penghargaan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali pada Dies Natalis ke-47 tanggal 11 Maret 2023.

Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Selasa mengatakan Zainudin akan menerima penghargaan Parasamya Anugraha Dharma Bhakti Upa Sarwasadha.

"Beliau sosok yang mempunyai kepeloporan dalam dunia masyarakat khususnya olahraga nasional," katanya.

Terkait dengan bidang olahraga, selama ini UNS selalu aktif melaksanakan berbagai macam kegiatan olahraga.


Baca juga: Ganjar gaungkan toleransi dan Pancasila di UNS

Baca juga: Wapres minta UNS terus perkuat penguasaan teknologi digital


"Setidaknya berbagai kegiatan olahraga yang juga dilaksanakan bersama UNS berjalan dengan baik, termasuk di dalamnya kepedulian Prof Zainudin Amali, khususnya kepada rekan-rekan difabel," katanya.

Ia mengatakan keberhasilan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 juga menjadikan UNS banyak direkomendasikan untuk menjadi venue ASEAN Paralympic.

"Secara keilmuan juga pak menteri sering diundang sebagai penguji eksternal beberapa perguruan tinggi sebagai mitra Kemenpora untuk mengembangkan olahraga, khususnya disabilitas," katanya.

Sementara itu, pada Dies Natalis ke-47 tersebut mengambil tema Akselerasi Sumber Daya Kreatif dan Inovatif dalam Menghadapi Krisis Global Melalui Kebersamaan Menuju Indonesia Emas.

"Agenda dies ini akan dipersiapkan UNS mengambil peran signifikan SDM lulusan kreatif, inovatif dalam menghadapi tantangan global di era disruptif ini," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Dies Natalis ke-47 UNS Sapta Kunta Purnama mengatakan berbagai kegiatan akan dilaksanakan sebagai rangkaian acara dies, di antaranya pameran, kompetensi nonakademik, bidang pengabdian kepada masyarakat, seni budaya, bidang ilmiah, dan bidang olahraga.

"Salah satunya pada tanggal 16 Maret juga akan digelar workshop Streching sebagai Tindakan Pencegah dari Dampak Negatif Aktivitas Daring dan Cedera," katanya.

Baca juga: UNS berikan penghargaan kepada Sri Mulyani pada Dies Natalis ke-46

Baca juga: Presiden Jokowi minta UNS lakukan perubahan demi ikuti zaman

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023