Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham di bursa Inggris menguat pada awal perdagangan Selasa, ditopang hasil besar dari raksasa minyak BP dan reli ekuitas energi membantu melawan kesuraman di pasar global karena investor khawatir tentang prospek suku bunga yang lebih tinggi.

Indeks saham-saham unggulan FTSE 100 naik 0,3 persen pada pukul 08.15 GMT, sementara indeks Eropa yang lebih luas datar. Investor mencerna laporan keuangan beragam dan data yang menandakan ketahanan ekonomi AS, yang dapat menawarkan lebih banyak ruang bagi Federal Reserve untuk terus menaikkan suku bunga.

BP melonjak 3,8 persen setelah melaporkan rekor laba 28 miliar dolar AS pada tahun 2022 dan meningkatkan dividennya sebesar 10 persen sebagai tanda kepercayaan pada kekuatan pasar yang berkelanjutan.

Indeks minyak & gas yang lebih luas meningkat 2,1 persen karena harga minyak mentah naik hampir 2,0 persen di tengah optimisme tentang pemulihan permintaan di China dan kekhawatiran atas kekurangan pasokan menyusul penutupan terminal ekspor utama setelah gempa bumi di Turki.

Indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcap FTSE 250 turun 0,3 persen, dengan Morgan Advanced Materials PLC merosot 8,1 persen setelah perusahaan industri itu mengatakan insiden keamanan dunia maya yang dilaporkan pada Januari dapat merugikan perusahaan sekitar 8 juta hingga 12 juta pound.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023