Partisipasi pelaku fesyen lokal di ajang mancanegara, kata Sandiaga, diharapkan dapat memperluas koneksi dan pasar pelaku industri fesyen Indonesia ke kancah internasional, khususnya di New York, Amerika Serikat.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh partisipasi pelaku fesyen lokal supaya bisa berkibar di mancanegara dan memperluas pasar.

Indonesia and Art Festival (IFAF) berpartisipasi dalam ajang New York Indonesia Fashion Week 2023 yang akan berlangsung pada 11 Februari mendatang.

"New York ini, kan, bukan hanya pusat fesyen, tapi, juga perdagangan dan keuangan dunia," kata Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno melalui keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Partisipasi pelaku fesyen lokal di ajang mancanegara, kata Sandiaga, diharapkan dapat memperluas koneksi dan pasar pelaku industri fesyen Indonesia ke kancah internasional, khususnya di New York, Amerika Serikat.

Baca juga: Kemendag luncurkan Nusantara Fashion House di Malaysia

Sejumlah perancang lokal dijadwalkan berpartisipasi dalam ajang itu, antara lain adalah Defrico Audy X Bombana, Lady Dahlia, Zuebarqa by Benz, Yumna Shiba, Eva Yasul, Fenta House by Feny Ardian, Anggodo, Defrico Audy X Goa, Faisal Fatich X Bagus Butik Indonesia, Hanny Lovely. Selain mereka, Ansania Premium X Kantiss, Layka by Fitria, Arunika Dewi X Malik Moestaram, Defrico Audy X Buton tengah, Rudi Sularso X Bagus Butik, Dechantique by Ning Santoso, dan Erena Chebes Couture juga akan berangkat ke New York.

Selain menjadi ajang memperluas koneksi, Sandiaga menambahkan, New York Indonesia Fashion Week juga diharapkan dapat menjadi momen bagi para pelaku industri fesyen lokal untuk memperluas wawasan, termasuk dalam hal desain produk.

"Dengan membuka wawasan ini, tiba-tiba mereka punya koneksi, pengalaman sehingga desain-desain yang mereka hasilkan bisa lebih variatif dan lebih percaya diri," kata Sandiaga.

Direktur Industri Kreatif Fesyen, Desain, dan Kuliner Kemenparekraf Yuke Sri Rahayu menambahkan, adapun dukungan yang diberikan Kemenparekraf terhadap partisipasi IFAF dalam New York Indonesia Fashion Week salah satunya melalui publikasi melalui "Weekly Brief with Sandi Uno", acara mingguan kementerian itu, pada Senin (6/2).

Baca juga: Ketua APPMI: fesyen Indonesia harus mampu berikan dampak ekonomi

Baca juga: Memerdekakan industri fesyen lokal

Baca juga: Telusur Kultur rilis koleksi terinspirasi tulisan belakang truk

 

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023