Biak (ANTARA) - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan) Letjen TNI I Nyoman Cantiasa menegaskan jajaran TNI Kogabwilhan mendukung penuh pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC) di empat daerah penyelenggara, yakni di Kabupaten Biak Numfor, Sarmi, Waropen dan Yapen Kepulauan.

"Acara STC 2023 merupakan kegiatan nasional yang harus disukseskan bersama oleh semua elemen masyarakat adat nusantara serta satuan TNI-Polri, " kata I Nyoman Cantiasa yang didampingi Ketua Lembaga Adat Saereri David Rumansara dihubungi di Biak, Selasa.

Ia menegaskan bentuk dukungan jajaran Kogabwilhan III akan membantu pengamanan STC 2023 di wilayah daratan, laut dan udara, dengan melibatkan satuan Koopsud III TNI Angkatan Udara, Armada III TNI AL serta Korem 173/PVB sebagai tempat penyelenggara STC.

Untuk mengamankan pelaksanaan STC pada bulan November 2023, kata dia, Pangkogabwilhan III juga akan dikerahkan sejumlah kapal perang milik TNI AL, pesawat udara Koopsud III serta Korem 173/PVB.

Menurut dia, kegiatan STC 2023 sangat penting untuk mempromosikan potensi kemaritiman sektor pariwisata, perikanan dan kelautan, pertanian serta melestarikan kesenian budaya adat asli Papua, sehingga tetap terjaga.

Pangkogabwilhan III Letjen Nyoman Cantiasa yang juga menyebut dirinya sebagai bagian dari anak adat yang mendapat gelar Manwaren Saereri itu sangat mendukung STC 2023.

"Karena inilah upaya nyata dilakukan pemerintah daerah untuk terus mempromosikan daerahnya supaya lebih dikenal serta dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Tanah Papua, " ujar mantan Danrem 173 Biak itu.

Cantiasa berharap penyelenggaraan STC 2023 di empat kabupaten yakni Biak, Yapen Kepulauan,Waropen dan Kabupaten Sarmi diharapkan berjalan lancar dan lebih sukses dari kegiatan Sail Tidore 2022.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023