Jakarta (ANTARA) - Calon Ketua Umum PSSI 2023-2027 LaNyalla Mattalitti mengatakan, pembangunan sepak bola nasional harus dimulai dari tingkat akar rumput yang dikelola oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.

"Saya meyakini, membangun sepak bola Indonesia tidak bisa 'top down' dari PSSI pusat. Justru sebaliknya, membangun sepak bola Indonesia harus dari tanah kelahirannya yaitu dari daerah, mesti 'bottom up'," ujar LaNyalla, dalam kampanyenya di depan perwakilan sekitar 25 Asprov PSSI di Jakarta, Selasa.

Pria yang juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu menegaskan, Asprov mempunyai peran strategis dalam membangun sepak bola nasional.

Untuk itu, dia melanjutkan, Asprov PSSI idealnya bisa menjadi agen persemaian bibir pemain, pelatih dan wasit. Dengan demikian, diharapkan tumbuh pemain-pemain muda dan klub amatir di daerah.

Jika terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027, LaNyalla berjanji akan membentuk sebuah departemen khusus untuk mendampingi Asprov secara teknis guna meningkatkan kualitas sepak bola, seperti yang program FIFA, FIFA Performance Program.

Baca juga: La Nyalla daftar jadi bakal calon Ketum PSSI karena merasa punya utang

Ketua Umum PSSI tahun 2015-2016 itu pun menyatakan kesanggupan untuk memberikan subsidi finansial kepada Asprov pada tahun pertama andai dia menjadi orang nomor satu di PSSI.

"Kami akan memberikan subsidi finansial kepada Asprov di tahun pertama. Untuk tahun kedua, kami akan melihat kinerja para Asprov. Hal itu supaya pembinaan di lini Asprov akan hidup dan bergeliat," kata LaNyalla.

Secara konkret, pengembangan sepak bola di level daerah versi LaNyalla adalah dengan menjalankan Liga 3 Indonesia dengan kualitas tinggi dengan konsep 10, 30.

"Artinya, kompetisi Liga 3 harus dilaksanakan dalam waktu 10 bulan, dan setiap klub harus bertanding secara kompetitif sebanyak 30 kali dalam satu musim kompetisi," tutur LaNyalla.

Penekanan pengembangan sepak bola di level Asprov merupakan bagian dari tujuh langkah pengembangan sepak bola oleh LaNyalla Mattalitti yang meliputi 'technical development' (pengembangan teknik), 'club empowerment' (penguatan klub), 'professional league' (liga profesional), 'national team' (tim nasional), 'business development' (pengembangan bisnis), 'financial stability' (stabilitas finansial) dan 'football industry' (industri sepak bola).

LaNyalla Mattalitti berstatus sebagai salah satu calon ketua umum PSSI 2023-2027. Selain dia, ada empat nama lainnya yaitu Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemie Francis.

Pemilihan para anggota Komite Eksekutif PSSI 2023-2027 dilakukan di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023.

Baca juga: LaNyalla inginkan industri sepak bola Indonesia mandiri dan berkembang
Baca juga: CEO PSIS: Pencalonan Erick Thohir dan La Nyalla buat "voter" bingung
Baca juga: La Nyalla siap bersaing termasuk dengan Erick Thohir untuk Ketum PSSI

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023