Kami berharap menara BTS di Kampung Muris Kecil bisa direnovasi dan ditambah kuota layanannya
Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, berharap PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) memperbaiki menara base transceiver station (BTS) di Kampung Muris Kecil, Distrik Demta, agar sarana tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Sentani, Selasa, mengatakan saat ini layanan telekomunikasi di Distrik Demta masih sulit diakses masyarakat karena jaringan internet yang belum optimal.

Terkait itu, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Telkomsel pada 8 Februari 2023 guna membahas dan mencari solusi atas persoalan yang dihadapi oleh masyarakat di Kampung Muris Kecil.

"Kami berharap menara BTS di Kampung Muris Kecil bisa direnovasi dan ditambah kuota layanannya yang saat ini menjangkau dua kilometer menjadi lima kilometer," katanya.

Menurut Gustaf, dengan demikian daerah-daerah blank spot yang berada di Distrik Dempta dan sekitarnya juga bisa mendapatkan layanan telekomunikasi secara baik dan lancar.

Baca juga: Pemkab Biak dapat bagian dana Otsus Papua Rp150 miliar

Baca juga: Pemkab Biak alokasikan Rp10 miliar bangun pusat kuliner tahun ini


Dia menjelaskan sebelumnya masyarakat Kampung Muris Kecil telah bertemu dengan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura pada Jumat (3/2) untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi terkait layanan internet di wilayah itu.

"Ini juga yang akan kami sampaikan kepada Telkomsel agar ke depan bersama-sama ditindaklanjuti," ujarnya

Dia menambahkan berdasarkan laporan masyarakat di Kampung Muris Kecil menyebutkan bahwa sejak 2020 hingga 2023 jaringan internet di daerah itu belum berjalan optimal sehingga berdampak pada proses pembelajaran di sekolah.

"Sehingga para siswa yang mengikuti ujian sekolah hanya bisa mencari wifi yang terdekat yang ada di kampung, dengan begitu kami harapkan agar ini bisa diselesaikan," katanya.

Baca juga: Pemkab Jayapura harap Pasar Nimboran segera diaktifkan kembali

Baca juga: Pemkab Jayapura harap Bank Papua terus majukan UMKM

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023