Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Asian Film Awards Academy (AFAA) mengumumkan aktor asal Jepang Abe Hiroshi mendapatkan Excellence in Asian Cinema Award di Asian Film Awards ke-16 (AFA16).

Penghargaan ini, seperti disiarkan dalam keterangan tertulis awal pekan ini, akan diberikan pada upacara yang akan diadakan di Hong Kong pada 12 Maret 2023.

Excellence in Asian Cinema Award bertujuan untuk menyoroti talenta sekaligus menegaskan prestasi serta kontribusi para talenta berbakat pada industri dan budaya film Asia.

Abe akan menjadi aktor Jepang ketiga yang menerima penghargaan tersebut, setelah Nakatani Miki di AFA ke-9 (2015) dan Yakusho Koji di AFA ke-13 (2019).

Baca juga: Pujian sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda untuk aktor Song Kang-ho

Pemenang penghargaan khusus AFA sebelumnya termasuk Yamada Yoji, Amitabh Bachchan, Zhang Yimou, Michelle Yeoh, Hou Hsiao-hsien, Ann Hui, Kiki Kirin, Lee Byung-hun dan lainnya.

Abe sudah berkarier di dunia akting lebih dari 30 tahun sejak debutnya dalam "Haikara-san ga Toru" pada tahun 1987. Dia telah muncul di lebih dari 90 film di Jepang dan luar negeri, dengan berbagai peran yang berani dan menantang.

Dia telah berakting dalam banyak produksi internasional dan peran utama pertamanya yakni dalam produksi "Saga of the Phoenix" (1990), "Tokyo Raiders" (2000) yang dibintangi Tony Leung dan bintang Asia terkenal lainnya.

Abe juga muncul dalam film aksi Thailand "Chocolate" (2008) dan produksi bersama Jepang-Tiongkok "The Legend of the Demon Cat" (2017) yang diputar sebagai Sesi Presentasi Pembukaan Khusus untuk peringatan 30 tahun Festival Film Internasional Tokyo (TIFF).

Keahlian dan bakat akting Abe yang luar biasa diakui tidak hanya di Jepang tetapi juga secara internasional, dan dia dikatakan memberikan kontribusi besar bagi perkembangan perfilman Asia.

"Saya sangat tersanjung menerima Excellence in Asian Cinema Award. Saya benar-benar terkejut menerima penghargaan besar ini. Ketika saya mendengar tentang kehormatan itu, saya sangat senang dan bersyukur memiliki kru saya di sisi saya, yang telah bersama saya selama ini, sehingga saya dapat membaginya dengan semua orang," kata Abe Hiroshi.

Baca juga: Film "The Garden of Evening Mists" dibintangi aktor lintas negara

Sementara itu, Chairman of the AFA Academy Dr. Wilfred Wong mengatakan kecintaan Abe pada akting telah membawa kesegaran dan vitalitas ke dalam film dan televisi Jepang.

"Dia kontributor utama dalam perkembangan dunia hiburan Jepang," kata Wong.

Chairman of TIFF Ando Hiroyasu termasuk yang mengucapkan selamat kepada Abe. Dia berharap sang aktor dapat terus mencintai dunia perfilman hingga masa depan.

"Abe Hiroshi telah menetapkan tolok ukur dedikasi dan keterbukaan bagi generasi muda di industri perfilman dan televisi Jepang. Saya berharap dia dapat terus mencintai dunia perfilman, dan memberi terobosan dalam film dan televisi Asia di masa depan," kata dia.

Baca juga: Aktor Jepang Masahiro Higashide diputus kontrak oleh agensi

Baca juga: Aktor Jepang Shogen puji film "Penyalin Cahaya" dari Wregas Bhanuteja

Baca juga: Beberapa aktor Jepang dikonfirmasi akan bergabung di "Tokyo Vice"

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023