Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka menguat mencapai level tertinggi lebih dari sembilan bulan pada Rabu, karena investor mendapat isyarat positif dari pernyataan Ketua Federal Reserve Jerome Powell semalam, sementara perkiraan optimis Linde's dan Akzo Nobel memimpin saham material dan kimia lebih tinggi.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,6 persen pada pukul 08.18 GMT, mencapai level terkuat sejak April 2022.

Pernyataan Powell bahwa 2023 harus menjadi tahun "penurunan inflasi yang signifikan" ditafsirkan sebagai kurang hawkish daripada yang ditakutkan, meskipun dia mengakui bahwa laporan pekerjaan AS yang kuat pada Jumat (3/2/2023) menunjukkan mengapa pertempuran melawan inflasi akan "memakan waktu yang cukup lama."

Bahan kimia menduduki puncak pemenang di antara sektor-sektor, dikutip dari Reuters.

Raksasa gas Jerman Linde dan pembuat cat Belanda Akzo Nobel masing-masing melonjak 2,4 persen dan 6,5 persen, setelah memberikan perkiraan perolehan laba 2023 yang lebih tinggi.

Pengilangan Finlandia Neste melonjak 11 persen dan menjadi pemain terbaik di STOXX 600 didukung oleh hasil operasi inti kuartal keempat yang sebanding.

Perusahaan energi Norwegia Equinor juga melonjak 6,1 persen menyusul rekor laba operasi disesuaikan yang mencapai 74,9 miliar dolar AS untuk tahun 2022.

Bank milik negara Italia Monte dei Paschi di Siena terangkat 1,4 persen menyusul laba kuartalan yang jauh lebih besar dari perkiraan.

Baca juga: Saham Inggris dibuka menguat setelah sesi positif di Wall Street
Baca juga: Saham Asia dibuka naik, dolar jatuh setelah komentar Powell "dovish"
Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah, BP pimpin sektor energi lebih tinggi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023