Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, Bolivia dan Tajikistan akan menjadi calon lawan skuadnya pada laga persahabatan FIFA dalam "FIFA match day" pada 20-28 Maret.

"Namun itu belum 100 persen. Belum pasti karena masih dalam koordinasi," ujar Shin di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Timnas Bolivia dan Tajikistan merupakan skuad yang berada di peringkat 110 besar FIFA.

Per 22 Desember 2022, Bolivia bertengger di peringkat 82 FIFA, sementara Tajikistan ada di posisi ke-108 FIFA. Adapun Indonesia hinggap di anak tangga ke-151.

PSSI memang memilih tim-tim kuat untuk menghadapi timnas Indonesia di laga resmi FIFA.

Pada pertandingan persahabatan FIFA sebelumnya, September 2022, timnas Indonesia dua kali melawan Curacao di Tanah Air dan skuad "Garuda" memenangi laga-laga itu dengan skor 2-1 dan 3-2.

Saat partai itu berlangsung, Curacao berada di peringkat ke-84 FIFA, sementara Indonesia di posisi ke-155 FIFA.

Terkait lokasi pertandingan, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri pernah menyebut bahwa laga "FIFA match day" timnas Indonesia pada Maret diupayakan berlangsung di Indonesia meski tetap berpeluang untuk ke luar negeri.

Andai mampu menundukkan lawan pada laga persahabatan tersebut, posisi Indonesia di peringkat FIFA bisa terdongkrak.

Indonesia saat ini menjadi tim terbaik kelima di peringkat FIFA bila dibandingkan negara-negara dalam naungan AFF.

Vietnam menjadi negara dengan peringkat FIFA terbaik di lingkup AFF yakni di posisi ke-96, Thailand (111), Filipina (134), Malaysia (145), dan Indonesia (151).

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023