Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebut pameran seni seperti Art Jakarta Gardens akan meningkatkan sektor industri ekonomi kreatif Tanah Air.

“Acara seperti Art Jakarta Gardens ini akan meningkatkan ekonomi kreatif antara lima hingga tujuh persen data kami di Kemenparekraf per tahun,” ujar Sandi dalam keterangannya diterima Rabu.

Sandi menambahkan pada tahun sebelumnya, sektor ini mampu menyumbang 7,4 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) negeri.

Menempatkan Indonesia pada posisi tiga besar dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Baca juga: Art Jakarta Gardens 2023 tampilkan instalasi seni di ruang terbuka

Oleh karena itu Sandi menyebut kebudayaan yang sangat menonjol dan kreasi-kreasi seniman lokal yang menghasilkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) perlu menjadi sorotan.

“Acara ini sangat baik bagi komunitas seni, seniman muda, penjual dan pembeli, juga bagi turisme,” imbuhnya.

Art Jakarta Gardens 2023 sebelumnya dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid, Selasa (7/2).

Senada dengan Sandi, Hilmar menilai pameran seni itu tidak hanya meningkatkan pariwisata, tapi, juga menyalurkan kreasi para seniman dalam negeri hingga mampu terus berkembang.

“Saya terkesan sekali dengan Art Jakarta Gardens, mengingatkan kita bahwa tidak ada Jakarta tanpa seni. Dengan ini, Jakarta Art Gardens resmi dibuka,” kata Hilmar, Selasa.

Mengusung konsep ruang terbuka, Art Jakarta Gardens 2023 hadir memamerkan puluhan karya seni rupa yang didominasi oleh patung dan seni instalasi.

Ragam seni rupa ini berasal dari 21 galeri karya seniman Tanah Air, termasuk Nyoman Nuarta. Seniman anyar yang telah membuktikan kejeniusan seninya dalam banyak karya, salah satunya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang ada di Bali.

Sejumlah galeri lain yang turut berpartisipasi diantaranya Andis Gallery, ArtSerpong Gallery, CAN'S Gallery, A+ Works of Art, Gudang Gambar, Museum of Toys, Nadi Gallery, Semarang Gallery, dan RUCI Art Space.

Pameran seni ini digelar di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta Pusat, mulai 7-12 Februari 2023.

Baca juga: Bibit padukan seni dan investasi di Art Jakarta Gardens 2023

Baca juga: Ini rekomendasi instalasi menarik jika kunjungi Art Jakarta Gardens

Baca juga: Pameran seni Art Jakarta Gardens resmi dibuka


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023