Apalagi ANTARA sebagai kantor berita milik negara memiliki jaringan terluas dalam penyebarluasan informasi.
Banjarmasin (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan dan Perum LKBN ANTARA Biro Kalimantan Selatan terus memperkuat sinergi untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Di momen Hari Pers Nasional (HPN) 2023, kami apresiasi ANTARA yang membantu dalam penyebarluasan informasi ke masyarakat terkait kinerja PLN termasuk tugas kami dalam penyediaan listrik di IKN," kata Senior Manager Perencanaan PLN UIP3B Kalimantan Deden Nabudu, di Banjarmasin, Kamis.

Menurut Deden, tanpa peran media termasuk ANTARA, maka apa yang sudah dilakukan PLN tidak sampai informasinya ke masyarakat secara luas.

Apalagi ANTARA sebagai kantor berita milik negara memiliki jaringan terluas dalam penyebarluasan informasi mencakup seluruh wilayah Indonesia hingga sejumlah kantor biro luar negeri di beberapa negara.

"Kerja kami ini sampai ke pelosok-pelosok negeri baik daerah pedalaman hingga terluar, jadi di sinilah pentingnya peran media memberitakan, mencerdaskan dan membuka wawasan pembacanya dengan apa yang sudah dilakukan PLN," ujar Deden mewakili General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro saat bersilaturahmi ke kantor ANTARA Biro Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

Kepala ANTARA Biro Kalimantan Selatan Taufik Ridwan menyampaikan terima kasih kepada PLN atas kepercayaannya selama ini melalui kerja sama yang disepakati.

Dia memastikan produk jurnalistik ANTARA terus didorong untuk mengawal berita-berita positif tentang kinerja PLN guna menjamin keandalan penyaluran tenaga listrik kepada pelanggan.

"Kami meyakini PLN mampu menyiapkan listrik yang andal demi kelancaran pembangunan IKN Nusantara serta mendukung pertumbuhan ekonomi di Kalimantan," kata Opik, sapaan akrabnya.

PLN UIP3B Kalimantan bertanggung jawab atas operasional pembangkit listrik di Pulau Kalimantan termasuk penyediaan listrik Konsumen Tegangan Tinggi (KTT).

Bahkan 18 pembangkit listriknya telah menunjukkan ketaatan pengelolaan lingkungan dengan mendapatkan penghargaan ‘peringkat biru’ pada program penilaian peringkat kinerja perusahaan (Proper) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sertifikat proper biru menandakan perusahaan telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang telah memenuhi semua aspek yang dipersyaratkan oleh KLHK.

Untuk penyediaan listrik pada kegiatan pra konstruksi di IKN Nusantara, PLN menyiapkan dua gardu induk mobile di daerah Gresik dan akan terhubung di jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Kariangau-Petung.
Baca juga: Memerdekakan listrik di Kalimantan Selatan
Baca juga: Kenaikan desa berlistrik Kalteng capai 10,48 persen

Pewarta: Firman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023