Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengecek harga sejumlah komoditas sekaligus berbelanja di Pasar Batuphat Timur, Lhokseumawe, Aceh, Jumat.

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Jumat, Presiden yang mengenakan kaus putih lengan panjang langsung menyapa para pedagang di pasar tersebut.

Fahrizal, seorang penjual bahan makanan mengatakan bahwa selain bertanya mengenai kondisi harga, Jokowi juga membeli barang dagangannya.

“Ada beli tempe Pak Jokowi, Bapak Presiden, ada beli tempe, ada beli cabai. Tempe Rp20 ribu, ini (cabai) 2 kilogram tadi,” ujar Fahrizal.

Di samping itu, Jokowi juga turut memberikan sejumlah bantuan berupa uang tunai dan sembako kepada para pedagang dan masyarakat di sana. Seperti yang disampaikan oleh Dewi Sihombing, seorang pedagang buah yang dagangannya dibeli juga oleh Presiden.

“Alhamdulillah udah dibeli salak kami pedagang kaki lima, dikasih bantuan oleh Bapak Jokowi, terima kasih banyak atas bantuannya,” kata Dewi.

Dewi menceritakan saat Presiden membeli salak yang dia jual, Presiden sempat menawar harga yang telah Dewi tetapkan.

“Ceritanya tadi kan pertamanya dikasih amplop, yang kedua tanya salak ‘yang ini berapa Bu sekilo?’ Yang ini Rp8.000, yang ini Rp15.000. ‘Loh kok mahal sekali, bisa enggak Rp5.000?’, bisa karena sudah dikasih sumbangan alhamdulillah dikasih Rp5.000,” ujarnya.

“Uangnya Rp25.000 enggak usah diambil kembaliannya, dan ini, dan ini, dan ini dikasih lagi,” ujar Dewi.

 

Baca juga: Mendag: Harga barang kebutuhan pokok di Surabaya terpantau stabil
Baca juga: Presiden Jokowi sebut harga pangan di Pasar Bakti Medan relatif stabil
Baca juga: Harga beras dan bahan pokok lainnya di Aceh Barat merangkak naik


 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023