Bantuan tahap pertama ini untuk membantu memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat terdampak gempa di Turki dan Suriah. PMI telah menggalang donasi publik untuk menghimpun bantuan tahap selanjutnya
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyerahkan bantuan 100 ribu dolar Amerika Serikat (AS) untuk korban gempa bumi di Turki yang diserahkan langsung kepada Duta Besar Turki untuk Indonesia yang diwakili Ömer Orhun Çelikol pada Jumat.

"Bantuan tahap pertama ini untuk membantu memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat terdampak gempa di Turki dan Suriah. PMI telah menggalang donasi publik untuk menghimpun bantuan tahap selanjutnya," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla melalui siaran pers yang diterima di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, bantuan tersebut untuk meringankan penderitaan warga Turki dan Suriah, apalagi saat ini dua negara itu tengah dilanda musim dingin, sehingga sangat membutuhkan selimut, bahan pangan, dan tenda keluarga. Uluran tangan masyarakat Indonesia akan sangat meringankan penderitaan mereka.

Baca juga: PMI kirim tim medis ke Turki bantu korban gempa

Donasi dari masyarakat di Tanah Air akan disalurkan PMI melalui Bulan Sabit Merah Turki dan Bulan Sabit Merah Suriah. Selain itu International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) telah merilis daftar kebutuhan mendesak untuk penyintas gempa di Turki dan Suriah. PMI berinisiatif menghimpun dana untuk memenuhi sejumlah kebutuhan mendesak itu.

Masyarakat dapat menyalurkan donasi untuk Turki dan Suriah ke rekening PMI yang telah didaftarkan secara resmi yakni Bank Mandiri
070-00-001 1601-7 atas nama Palang Merah Indonesia dengan kode BMRIIDJA.

Kemudian bisa disalurkan melalui rekening BCA 206-300668-8 atas nama Kantor Pusat PMI dengan kode CENAIDJA dan Bank BRI 0390-01-000030-30-3 atas nama Palang Merah Indonesia dengan kode BRINIDJA.

Di sisi lain Jusuf Kalla mengimbau kepada masyarakat yang akan menyalurkan donasi agar berhati-hati dengan penggalangan dana tidak resmi yang mengatasnamakan PMI.

Baca juga: PMI siap terjunkan relawan bantu penanganan gempa di Turki
Baca juga: PMI Sukabumi gelar doa bersama untuk korban gempa Turki dan Suriah



 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023