Banjarmasin (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan Mochammad Fadjroel Rachman membuka peluang Universitas Lambung Mangkurat (ULM) merambah kerja sama internasional melalui diplomasi kedutaan agar perguruan tinggi negeri di Kalimantan Selatan itu semakin terkemuka dan berdaya saing.

"Kami siap memfasilitasi setiap keinginan perguruan tinggi untuk 'go international'," kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Kuliah umum yang dibawakan Fadjroel membahas topik mengenai “Diplomasi dan Kerjasama Internasional Untuk Meraup Peluang Baru”.

Ratusan mahasiswa ULM dari berbagai fakultas hadir di Lecture Theater Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ULM di Banjarmasin untuk mendengarkan dan menyimak materi yang diberikan.

Baca juga: Dubes RI sampaikan undangan Kazakhstan, Tajikistan ke Presiden Jokowi

Rektor ULM Ahmad Alim Bachri mengatakan potensi yang luar biasa untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi di Kazakhstan berkat dorongan Dubes Fadjroel Rachman.

"Ada perguruan tinggi di Kazakhstan memiliki ranking 100 terbaik dunia, ini potensi luar biasa kita memerlukan kerja sama dengan universitas top skala internasional," ujarnya.

Ia mengungkapkan salah satu indikator kinerja utama (IKU) yang harus dicapai setiap perguruan tinggi yaitu menjalin kerja sama dengan universitas yang masuk top 100 dunia.

"Syukur-syukur jika dosen di Kazakhstan yang terdaftar di universitas 100 terbaik dunia bisa menjadi dosen tamu alias dosen luar biasa di ULM termasuk pertukaran mahasiswa juga kami dorong," katanya.

Baca juga: Dubes: VoA dari Kazakhstan ke Indonesia mulai berlaku 18 Januari
Baca juga: Dubes Fadjroel hadiri CICA Summit Kazakhstan bersama Putin, Erdogan

Pewarta: Firman
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023