Tarakan (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil meraih empat penghargaan pada peringatan hari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahun 2023, hasil kerja sama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT)  dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF).

"Adapun sejumlah penghargaan yang diraih, di antaranya, yang pertama diberikan kepada Bupati Bulungan kategori Transformasi atau Peralihan dari UPK eks PNMP-MPD menjadi BUMDes bersama dengan capaian 100 persen," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaltara, Edy Suharto di Tanjung Selor, Bulungan, Jumat (10/2).

Baca juga: Kepri ditunjuk jadi tuan rumah peringatan hari BUMDes nasional

Kedua, kategori BUMDes Inspiratif dan Cepat tumbuh. Diraih oleh BUMDes Inspiratif Kalimantan Utara melalui Desa Pagasi dan Danakan dari Desa Mangkupadi, Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan.

Ketiga penilaian Corporate Social Responsibility atau CSR. Pada ajang ini, perusahaan sektor pertambangan batu bara PT. Mitra Bara Adiperdana (PT MA) berhasil meraih penghargaan kategori dalam pendampingan terhadap BUMDes Indang Ajih, Kabupaten Malinau.

Baca juga: Mendes PDTT: Rp5,8 triliun Dana Desa telah dialokasikan untuk BUMDes

Penghargaan keempat, kategori BUMDes yang mendorong kegiatan Ekonomi di Desa. “Dalam hal ini, untuk Silver Award kategori perorangan diterima langsung oleh Malik, Direktur BUMDes Adang Ajih Malinau.

"Yakni program (Peningkatan Ekonomi Desa melalui Diversifikasi Usaha BUM Desa dengan Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Alam atau Budi Daya Endemik Lokal),” kata Edy.

Baca juga: Mendes PDTT: Kesadaran Indonesia kelola potensi desa tumbuh sejak lama

Dia mengungkapkan bahwa acara yang digelar dalam bentuk sarasehan dan pesta rakyat di Teluk Bakau Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau dilaksanakan selama dua hari, yakni dari (1/2) - Kamis (1/2) itu dihadiri Menteri Desa (Mendes) PDTT, Abdul Halim Iskandar.

Edy juga mengatakan bahwa, peringatan hari BUM Desa dilaksanakan pertama kalinya tahun 2023 ini. Hal ini sesui Keputusan Menteri (Kepmen) Desa PDTT Nomor 110 Tahun 2022 yang menetapkan hari BUMDes jatuh pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya.

“Pada kesempatan tersebut, kita (Pemprov,red) juga berpatisipasi dalam ajang pameran, bekerja sama dengan kabupaten/kota dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah  (Dekranasda),Kaltara,” kata Edy.

Baca juga: Kemendes PDTT berharap Hari BUMDes jadi momentum perluas produk desa
Baca juga: Transaksi Lumbung Pangan Jatim melalui BUMDes capai 200 kali per hari

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023