Depok (ANTARA) - Mantan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro berkolaborasi dengan legenda bulu tangkis Indonesia Chandra Wijaya untuk membentuk komunitas "BangBro Badminton Triple", yang peresmiannya dilakukan dengan menggelar sebuah turnamen di Kota Tangerang Selatan, Sabtu.

Bambang menyampaikan bahwa komunitas tersebut tidak hanya menekankan kegiatan berolahraga, namun juga dapat menjalin silaturahmi antar anggota.

"Komunitas BangBro Badminton ini terbentuk secara alamiah. Olahraga rekreasi ini bercampur satu kesatuan, yaitu olahraga dapat, badan sehat dan bugar, gembira, serta menjalin tali silahturahmi," kata Bambang di Hall Candra Wijaya International, Kota Tangerang Selatan.

Komunitas tersebut juga bertujuan mempopulerkan pertandingan bulu tangkis dengan format tiga lawan tiga ke tengah masyarakat, sehingga bisa diterima dan populer seperti nomor tunggal dan ganda.

Sebagai program pertama, BangBro akan menggelar turnamen 3-on-3 pada Februari, serta melakukan promosi pada kampus-kampus untuk pengenalan yang lebih luas.

Komunitas tersebut terbentuk pada 2013 ketika Bambang bertemu Chandra Wijaya saat sedang berlatih di Gelanggang Hotel Mulia, yang sekarang menjadi arena Gelora Bung Karno (GBK).

"Saat itu sedang latihan bulu tangkis double bersama Chandra. Setelah itu di tahun 2017 mulai sudah diberlakukan main triple. Hal ini bermula ketika saat sedang alami cedera di betis dan penyembuhan selama sebulan usai main double," Bambang menceritakan.

Ia menilai bermain bermain triple dapat mengurangi banyak pergerakan di lapangan saat main, serta memberikan kemudahan saat memukul shuttlecock.

Keanggotaan komunitas datang dari beragam profesi mulai dari akademisi, birokrat, wiraswasta, wartawan, para pebulu tangkis legend Indonesia, hingga kalangan artis, dengan jumlah anggota sudah mencapai 40 orang yang berada pada usia produktif.

"Gaung komunitas ini sudah mencapai Pulau Sumatera, seperti Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Batam, sebagian besar Pulau Jawa, lalu Denpasar, Makassar dan Balikpapan," ungkap Bambang.

Sementara itu Ketua Harian Komunitas BangBro Chandra Wijaya menambahkan, kelompok itu tidak hanya memfasilitasi kegiatan olahraga, tapi juga bisa menjalin kekerabatan dengan anggota dari berbagai kalangan dan unsur.

Peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 itu menilai kegiatan ini sangat positif. Ia berharap bulu tangkis bisa menjadi pemersatu bangsa dan berkontribusi pada prestasi nasional.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023