Jakarta (ANTARA) - Union Berlin kembali menempel Bayern Munich di puncak klasemen Liga Jerman berkat kemenangan 2-1 di markas RB Leipzig, pada pertandingan yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Minggu dini hari WIB.

Bayern sebelumnya sempat memimpin empat poin atas Union, dan posisi Union sempat diambil alih oleh Borussia Dortmund karena kedua tim itu memainkan pertandingan lebih awal.

Namun, kini Union telah kembali menduduki peringkat kedua dengan koleksi 42 poin, hanya tertinggal satu poin dari Bayern. Sedangkan Leipzig harus turun ke posisi kelima dengan koleksi 36 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Dengan tempo permainan pada awal babak pertama yang berlangsung lambat, Leipzig lebih banyak menguasai bola tapi kesulitan menciptakan bahaya nyata ke gawang tamunya.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-24 saat bek Leipzig Benjamin Henrichs melakukan pergerakan memotong sebelum melepaskan tembakan kaki kanan, yang tidak dapat dihentikan kiper Union Frederik Ronnow.

Kemasukan gol tersebut memaksa Union bermain lebih lepas. Sheraldo Becker kemudian memaksa kiper Leipzig Janis Blaswich melakukan penyelamatan penting sebelum turun minum.

Baca juga: Bayern jauhi pesaing di pucuk klasemen setelah taklukkan Bochum

Permainan pada babak kedua berlangsung dengan tempo yang lebih cepat. Andre Silva melepaskan sepakan yang melambung ke atas gawang Union.

Blaswich kemudian dapat menepis bola tendangan bebas untuk hanya menghasilkan tendangan sudut. Namun dari sanalah Union mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-61.

Bola yang jatuh ke penguasaan Janik Haberer di tepi kotak penalti, diteruskan dengan sepakan voli tertuju ke sudut kiri gawang Leipzig.

Pelanggaran handball yang dilakukan bek Leipzig Mohamed Simakan di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Robin Knoche mengambil tanggung jawab untuk mengeksekusinya, dan ia mampu mematahkan tren empat kegagalan dari lima penalti di musim ini, saat sepakannya mengarah lurus ke tengah gawang Leipzig.

Pemain pengganti Leipzig Yussuf Poulsen sempat mencetak gol balasan pada menit ke-78, saat ia menyambar umpan silang Marcel Halstenberg. Namun setelah dilakukan tinjauan VAR, gol itu tidak disahkan karena Timo Werner berada dalam posisi offside. Union pun bekerja keras untuk mempertahankan keunggulan sampai peluit panjang ditiup wasit.

Daftar susunan pemain:

RB Leipzig: Janis Blaswich, Lukas Klostermann, Mohamed Simakan (Yussuf Poulsen 74'), Josko Gvardiol, Benjamin Henrichs, Konrad Lainer (Amadou Haidara 63'), Xaver Schlager, Marcel Halstenberg (David Raum 88'), Dominik Szoboszlai, Timo Werner, Andre Silva (Emil Forsberg 74')

Union Berlin: Frederik Ronnow, Danilho Doekhi, Robin Knoche, Diogo Leite, Josip Juranovic, Aissa Laidouni (Morten Thorsby 87'), Rani Khedira, Janik Haberer (Jerome Roussillon 80'), Niko Giesselmann (Paul Seguin 80'), Sheraldo Becker (Sven Michel 63'), Kevin Behrens (Jordan Pefok 63')

Baca juga: Bayern Muenchen datangkan Joao Cancelo dari Manchester City

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023