Jakarta (ANTARA) - Harry Styles menjadi musisi yang meraih piala terbanyak pada ajang penghargaan musik pop Inggris Raya BRIT Awards 2023, setidaknya dia membawa pulang empat piala.

Harry Styles, salah seorang anggota boyband One Direction, meraih juara untuk kategori album terbaik tahun ini (album of the year) untuk "Harry's House", lagu terbaik tahun ini (song of the year) untuk "As It Was", kategori pop/R&B act, dan artis terbaik tahun ini (artist of the year).

"Saya benar-benar berterima kasih untuk ini dan saya sangat menyadari hak istimewa saya di sini malam ini," kata Styles dalam pidatonya saat menerima penghargaan, disiarkan Reuters pada Minggu.

Hary Styles menyampaikan hal tersebut untuk mendedikasikan penghargaan yang didapatnya kepada para penyanyi perempuan.

Baca juga: Harry Styles pimpin nominasi Brit Awards 2023, ini daftar lengkapnya

Baca juga: Beyonce, Harry Styles dan para pemenang lain di Grammy awards 2023


Kategori artis terbaik menjadi salah satu kategori netral gender atau tidak ada pembedaan antara perempuan dan laki-laki. Warganet di media sosial menumpahkan kekesalannya karena seluruh penerima nominasi kategori artis terbaik tahun ini diisi oleh penyanyi laki-laki.

BRIT Awards dalam pernyataan yang diunggah di website resmi, kategori netral gender dinilai hanya berdasarkan kualitas dan popularitas karya mereka, bukan siapa mereka, atau bagaimana mereka memilih untuk mengidentifikasi diri mereka.

Meski begitu, penyelenggara mengakui dan menerima kekecewaan publik karena tidak ada penyanyi perempuan yang masuk dalam nominasi. BRIT Awards menilai bahwa rilis musik karya penyanyi perempuan yang sukses secara komersial pada tahun 2022 relatif sedikit dibandingkan penyanyi laki-laki.

"Dari 71 artis yang memenuhi syarat dalam daftar panjang, hanya 12 (17 persen) adalah perempuan. Kami menyadari hal ini menunjukkan masalah yang lebih luas seputar representasi perempuan dalam musik yang juga harus ditangani," kata BRIT Awards.

Terlepas nominator kategori artis terbaik seluruhnya laki-laki, pada kategori lain, duo rocker indie perempuan Wet Leg berhasil memenangkan kategori grup terbaik tahun ini (group of the year) dan artis pendatang baru terbaik (best new artist).

Selain itu, ada pula Beyonce yang dinobatkan sebagai artis internasional terbaik tahun ini (international artist of the year) dan lagunya yang berjudul "Break My Soul" memenangkan lagu internasional terbaik tahun ini (international song of the year).

Baca juga: BLACKPINK masuk nominasi di BRIT Awards 2023

Baca juga: Adele boyong tiga penghargaan Brit Awards

Baca juga: Komentar Harry Styles menangkan "album of the year" Grammy 2023


 

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023