Jakarta (ANTARA) - Tim balap AlphaTauri siap menantang musim 2023 dari ajang Formula 1 dengan mobil baru mereka, AT04, yang hadir dengan desain kuat dan berani.

Pemimpin tim balap AlphaTauri Franz Tost mengatakan, musim 2023 akan menjadi musim yang menantang, namun cenderung berimbang karena setiap tim memberikan penyegaran dan pengembangan teknologi dan talenta dari musim sebelumnya.

“Tentu saja, tiga tim besar masih memiliki keunggulan dari infrastruktur mereka. Namun, dari sisi personel, tapi saya cukup yakin bahwa pada tahun 2023, mobil yang bersaing akan jauh lebih berimbang,” kata Tost dikutip dari laman resmi F1, Minggu.

“Saya pikir ini akan menjadi pertarungan yang berlangsung hingga akhir musim. Itulah yang ingin dilihat oleh para penggemar, penonton, dan kita semua,” imbuhnya.

Adapun AT04 akan menjadi tunggangan pebalap Yuki Tsunoda dan Nyck de Vries untuk musim ini.

Baca juga: Tsunoda lanjut membalap dengan AlphaTauri di F1 2023
Baca juga: Gasly pindah ke Alpine, de Vries bergabung ke AlphaTauri


Peluncuran mobil, yang berbarengan dengan Pekan Mode New York, menghadirkan skema warna khas AlphaTauri, biru tua dan putih, untuk mobil baru mereka, yang akan ditenagai oleh mesin Honda yang berjalan di bawah moniker Red Bull Powertrains.

Lebih lanjut, AlphaTauri memasuki musim baru untuk mengubah nasib F1 belakangan ini, setelah merosot dari urutan keenam dalam klasemen konstruktor 2021 ke urutan kesembilan pada tahun 2022, menyusul pembaruan regulasi teknis yang baru diberlakukan.

Pebalap Jepang Tsunoda mempertahankan posisinya di tim untuk musim ketiga berturut-turut, dengan De Vries tiba menggantikan Pierre Gasly.

Dengan peluncuran AT04, ini berarti setengah dari 10 tim F1 telah mengungkapkan warna dan formasi mereka menjelang musim baru. Setelah AlphaTouri, Aston Martin akan menjadi tim berikutnya yang akan merilis tampilan mereka.

Sementara itu, tes pramusim F1 akan digelar di Sirkuit Internasional Bahrain pada 23-25 ​​Februari.

Baca juga: Zhou Guanyu percaya diri dengan Alfa Romeo di F1 2023
Baca juga: MCL 60 nama mobil baru McLaren untuk Formula 1 2023
Baca juga: Ferrari ungkap nama mobil baru untuk F1 2023, model masih rahasia


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023