Jakarta (ANTARA) - Koln menaklukkan tamunya Eintracht Frankfurt dengan skor 3-0 untuk mengakhiri catatan bagus sang lawan, pada pertandingan putaran ke-20 Liga Jerman, yang dimainkan di Stadion RheinEnergie, Koln, Senin dini hari WIB.

Sebelum laga tersebut, Frankfurt sedang menorehkan catatan sembilan laga tanpa kekalahan di semua kompetisi. Namun kekalahan tersebut tidak mengubah posisi Frankfurt, yang tetap berada di posisi keenam klasemen sementara dengan 35 poin. Sedangkan Koln naik satu strip ke posisi ke-11, dengan 26 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Pada babak pertama, tidak banyak peluang tercipta. Satu-satunya peluang bagus adalah milik Denis Huseinbasic untuk Koln, yang tembakannya tidak tepat sasaran.

Setelah turun minum, Frankfurt mencoba mencuri peluang melalui pergerakan Jesper Lindstrom. Tetapi ia gagal menemukan rekan setimnya di area berbahaya Koln.

Justru Koln membuka keunggulan pada menit ke-49. Diawali situasi tendangan sudut, Florian Kainz mengirimkan bola ke kumpulan pemain dan Timo Huebers dapat menyentuhnya untuk bersarang ke gawang Frankfurt.

Kemasukan satu gol membuat Frankfurt menaikkan tempo serangan serta memasukkan pemain-pemain yang lebih bertipe menyerang. Namun serangan balik Koln membuat mereka dapat menggandakan keunggulan pada menit ke-71 saat Ellyes Skhiri sukses menyambar bola yang awalnya ditujukan kepada Sargas Adamyan.

Skhiri lantas mengemas gol keduanya di laga ini pada menit ke-86, untuk menandai gol kelimanya tahun ini sekaligus menutup babak kedua yang manis bagi tuan rumah.

Baca juga: Koln pesta tujuh gol ke gawang Werder Bremen
Baca juga: Bayern Muenchen hanya mampu bermain imbang 1-1 saat jamu Koln


Hertha keluar dari dua posisi terbawah

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Hertha Berlin berhasil untuk sementara keluar dari posisi dua terbawah, berkat kemenangan 4-1 atas tamunya Borussia Moenchengladbach.

Kemenangan yang juga mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntun itu membawa Hertha naik ke posisi ke-16 dengan 17 poin. Sedangkan Gladbach tetap berada di posisi kesepuluh dengan 26 poin.

Hertha memulai laga dengan penampilan meyakinkan ketika mereka beberapa kali menekan pertahanan Gladbach. Namun justru tim tamu yang mampu memecah kebuntuan pada menit ke-17, ketika Nico Elvedi menanduk bola tendangan sudut kiriman Luca Netz masuk ke gawang tuan rumah.

Setelah kemasukan, Hertha semakin mengintensifkan serangan. Hasilnya mereka petik pada menit ke-30 saat Jessic Ngankam menyambar bola kiriman Marco Richter di mulut gawang Gladbach. Babak pertama pun ditutup dengan skor imbang 1-1.

Martin Dardai membuka babak kedua dengan mengemas gol indah pada menit ke-52. Sepakan jarak jauh pemain 21 tahun itu tidak tertahankan untuk menembus gawang Gladbach, dan membawa timnya berbalik memimpin.

Dua gol tambahan Hertha tercipta pada fase akhir laga. Pemain pengganti Derry Scherhant melakukan penyelesaian apik untuk membawa Berlin memimpin 3-1 pada menit ke-91, dan eksekusi penalti Dodi Lukebakio pada menit ke-97 memastikan mereka meraih kemenangan keempatnya di liga musim ini.

Baca juga: Union Berlin kembali tempel Bayern Munich di puncak klasemen
Baca juga: Union menjadi yang terbaik di ibukota setelah pukul Hertha 2-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023