Pemeriksaan keimigrasian di atas kereta api juga mendorong penguatan arus wisatawan dari kedua negara,
Kunming (ANTARA) - Otoritas China dan Laos tengah membicarakan mekanisme pemeriksaan keimigrasian khusus untuk para penumpang kereta api yang melintasi perbatasan kedua negara tersebut.

"Memang tidak mudah, tapi kami tetap berupaya ke arah situ," kata Han Yue dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Yunnan di Kunming, Senin.

Menurut dia, mekanisme tersebut sangat mungkin dilakukan, mengingat Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, sudah terhubung jalur kereta api dengan Vientiane, ibu kota Laos.

Mekanisme pemeriksaan keimigrasian di dalam kereta api dinilai sangat memudahkan bagi pelaku perjalanan internasional China-Laos melalui jalur darat.

"Dengan begitu, para penumpang dari kedua negara tidak perlu lagi turun dari kereta setibanya di Kota Mohan," kata Han.

Jalur kereta api China-Laos sudah bisa digunakan Desember 2021. Rute tersebut sampai saat ini masih banyak digunakan untuk distribusi barang.

Bagi pelaku perjalanan dari Kunming yang menggunakan kereta api harus turun di Stasiun Mohan, kota terakhir China di wilayah selatan.
Baca juga: Kereta kargo China-Laos-Thailand PP diluncurkan dari Yunnan, China

Banyak kendaraan umum dan sewa di depan Stasiun Mohan yang siap mengantar menuju pos pemeriksaan keimigrasian.

Demikian pula dari pos pemeriksaan keimigrasian di Mohan juga banyak orang yang menawarkan jasa kendaraan mengantar para pendatang dari Laos menuju stasiun kereta yang berjarak sekitar 3 kilometer untuk melanjutkan perjalanan ke kota-kota lainnya di China.

Di sisi Laos, pos keimigrasian berada di Kota Boten, Provinsi Luang Namtha, yang bersebelahan dengan Mohan.

"Pemeriksaan keimigrasian di atas kereta api juga mendorong penguatan arus wisatawan dari kedua negara," kata Han menambahkan.

Dengan beroperasinya jalur kereta api tersebut, Laos tidak lagi menjadi negara pedalaman (landlocked country) karena sudah mendapatkan akses masuk ke China.

Jalur kereta api China-Laos tersebut mulai dibangun pada 2016 dan peresmian beroperasinya infrastruktur tersebut dipimpin oleh kedua kepala negara pada Desember 2021.

Baca juga: Kereta kargo China-Laos-Thailand PP diluncurkan dari Yunnan, China

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023