Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi memperkenalkan Toyota All New Agya dan Toyota Agya GR Sport untuk pasar Indonesia dengan  pembaruan pada mesin.

"All-New Agya merupakan manifestasi komitmen Toyota dalam menjalankan visi continuous improvement terhadap produk yang dipasarkan di Indonesia dan menghadirkan mobil yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang berkembang, termasuk untuk para sporty seeker dan motorsport enthusiast dengan memberikan performa dan handling yang superior pada All-New Agya GR Sport," kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda pada saat perkenalan produk di Jakarta, Senin.

Saat ini, kendaraan yang mendapatkan sambutan baik dari konsumen Toyota di Indonesia itu hadir dengan mesin berkode All-New Agya dengan perbaikan menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi mesin dan menghemat bensin, dan juga menawarkan dan performa yang lebih baik.

Untuk memberikan kesan yang menyenangkan, Toyota membenamkan mesin baru berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm dengan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien.

Tidak hanya pada bagian mesin, mobil terbaru itu juga memiliki perubahan pada  platform monocoque yang dirancang untuk meredam guncangan melalui sistem suspensi agar lebih baik dan fleksibel terhadap kondisi jalan Indonesia yang dinamis.

Kini, mobil berjenis LCGC itu diklaim memiliki handling yang lebih lincah, stabil, dengan peluang body roll yang lebih kecil sehingga meningkatkan kualitas mengemudi yang menyenangkan bagi penggunanya.

Platform itu juga sanggup membuat belakang lebih stabil dan Toyota juga merubah bagian torsion beam yang lebih kaku membuat mobil lebih mudah dikendalikan. Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Electronic Power Steering (EPS) yang membuat city car ini lebih modern.

Tampilan luar dan dalam
Kedua mobil terbaru itu hadir dengan tampilan yang sporty, bertenaga dan agresif. Pada bagian muka, mobil itu juga sudah dirubah sedemikian rupa.
 
Siluet bodi dari samping menunjukkan postur tubuh yang gagah dan tampak lebih besar. Kesan agresif juga ditampilkan oleh garis desain yang tampak tajam dan berkarakter.
 
Pada bagian dalam, mobil city car ini tidak kalah mengesankan. Mobil itu hadir dengan panel instrumen dan door trim yang mengadopsi tekstur tiga dimensi untuk memberikan nuansa yang lebih canggih.
 
All New Toyota Agya (ANTARA/Chairul Rohman)


Mobil juga memiliki perubahan pada bagian konsol dan tuas transmisi yang agak lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi yang sudah lebih baik berkat pengaturan desain dan posisi jok yang sanggup menopang tubuh secara optimal, termasuk rombakan pada desain dan tata letak pedal-pedal supaya pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks.
 
"Banyak permintaan untuk menghadirkan Agya yang lebih menarik, performa yang menyenangkan dan juga harga yang terjangkau," kata Wakil Direktur TAM Henry Tanoto di lokasi yang sama.
 
Tidak hanya memberikan perubahan yang dikhususkan untuk pengemudi, Toyota juga memberikan perubahan yang menyenangkan bagi penumpangnya.
 
Perubahan ini meliputi kabin yang lebih lega, pengoptimalan posisi duduk pengemudi berdasarkan prinsip human-centered design, posisi duduk penumpang yang pas, kemudahan masuk dan keluar orang, kenyamanan kabin, dan penambahan daya angkut bagasi.
 
Untuk Agya GR Sport sendiri, Toyota membekalinya dengan menanamkan aero kit yang dipasang pada eksterior dengan tujuan untuk membantu meningkatkan aerodinamika sporty hatchback yang sudah lebih baik dari generasi sebelumnya.
 
Penambahan downforce kendaraan membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. Grip ban semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang.
 
Pada bagian suspensi, mobil ini juga sudah menggunakan exclusive shock absorber dan coil spring yang diracik supaya sanggup memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar.
 
EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara sport tires yang dipilih secara khusus mampu menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip-nya di jalan berliku.
 
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023