Jakarta (ANTARA) - Timnas bulu tangkis Indonesia akan menurunkan seluruh atletnya pada pertandingan hari pertama fase penyisihan grup Kejuaraan Beregu Campuran Asia (BAMTC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky mengatakan, strategi itu dilakukan karena Skuad Merah Putih akan bermain dalam dua pertandingan pada hari pertama, sehingga penting untuk melakukan rotasi agar semua pemain bisa bertanding.

"Untuk menghadapi dua laga di hari pertama pertandingan, kami akan menyusun dua tim. Ini untuk menghadapi Lebanon di pagi dan Suriah di petang hari. Kami akan merotasi pemain yang ditampilkan," kata Rionny lewat keterangan resmi PBSI di Jakarta, Senin.

Timnas Indonesia yang berada dalam Grup C, akan menghadapi Lebanon pada pertandingan sesi pagi pukul 09.00 waktu setempat. Sementara pada sesi petang pada pukul 17.00 akan bersua dengan Suriah.

Dengan strategi tersebut diharapkan para pemain bisa beradaptasi dengan atmosfer di Dubai Exhibition Centre yang menjadi arena pertandingan.

"Dengan menurunkan dua tim, pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan dan juga untuk strategi. Biar semua pemain bisa main dan mendapatkan atmosfer pertandingan," Rionny menjelaskan.

Semua pemain diminta untuk mempersiapkan diri dengan bagus dan dituntut bermain mati-matian. Kendati di atas kertas bisa mengatasi perlawanan Lebanon dan Suriah, namun seluruh personel diwanti-wanti untuk tidak meremehkan lawan.

Baca juga: KJRI Dubai siap kerahkan WNI dukung tim bulu tangkis di Kejuaraan Asia

Kapten Tim Fajar Alfian pun sepakat dengan arahan dari Rionny untuk memainkan seluruh atlet.

Menurut ganda putra peringkat satu dunia itu, pertemuan kontra Lebanon dan Suriah pada pertandingan hari pertama bisa menjadi media pemanasan sebelum menghadapi laga yang lebih sulit di Dubai.

"Tanpa meremehkan, mumpung bertemu lawan yang di atas kertas bisa diatasi, semua pemain memang sebaiknya dimainkan dulu. Ini agar pemain dapat atmosfer dan adaptasi dengan lapangan. Saya sendiri kalau ditunjuk, tentu harus siap," ujar Fajar.

Berikut jadwal pertandingan tim Indonesia pada babak penyisihan Grup C Kejuaraan Beregu Campuran Asia (BAMTC) 2023 di Dubai:

Baca juga: The Babies makin termotivasi berprestasi berkat dua gelar beruntun
Baca juga: Ambisi tunggal putra masih berlanjut usai rebut gelar juara di Istora


Selasa, 14 Februari
12.00 WIB - Indonesia vs Lebanon
20.00 WIB - Indonesia vs Suriah

Rabu, 15 Februari 2023
12.00 WIB - Indonesia vs Bahrain

Kamis, 16 Februari 2023
16.00 WIB - Indonesia vs Thailand

Baca juga: BNI komitmen dukung penuh peningkatan prestasi bulu tangkis Indonesia

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023