Jakarta (ANTARA) - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengupas performa matic keluarga Classy terbaru mereka, yaitu Grand Filano Hybrid-Connected dari sisi mesin, sistem starter, hingga pemanfaatan teknologi Communication Control Unit (CCU).

Koordinator Tim Yamaha Institute dari YIMM Agung Sudrajat mengatakan Grand Filano Hybrid-Connected mengusung platform Blue Core yang disempurnakan mesin Blue Core Hybrid 125 cc.

"Hal ini membuat bahan bakar menjadi lebih efisien saat berkendara dan mendukung performa semakin bertenaga serta andal. Bila dibandingkan generasi sebelumnya, seri terbaru ini memiliki daya maksimum 6.1 kW/6500 rpm, torsi maksimum 10.4 Nm/5000 rpm, dan kompresi rasio 11:1," kata Agung dalam kegiatan bedah fitur dan teknologi Grand Filano Hybrid-Connected di Yamaha Flagship Shop Jakarta, Senin.
Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected memiliki daya maksimum 6.1 kW/6500 rpm, torsi maksimum 10.4 Nm/5000 rpm, dan kompresi rasio 11:1. (ANTARA/Ahmad Faishal)

Grand Filano Hybrid-Connected didukung camshaft dengan dekompresi yang membuat pergerakan starter awal menjadi lebih mudah dan tidak berat. Untuk mesin tergolong lebih tahan lama dengan mempertahankan keunggulan forged piston dan DiASil-Cylinder.

Seri itu memiliki Smart Motor Generator sebagai sistem starter yang lebih maju dan multifungsi. Sistem one push start membuat mesin menyala dengan cepat dan power assist menghasilkan akselerasi awal lebih halus dan bertenaga.

Dari sisi desain, skutik Classy tampil dengan dimensi yang lebih ergonomis sehingga membuat postur pengendara lebih nyaman saat berkendara baik jarak dekat maupun jauh.
 
Konsep The Next Level of Fashion dengan keunggulan desain mewah. (ANTARA/Ahmad Faishal)


Salah satu fitur canggih guna menciptakan kepraktisan dan kenyamanan pengendara dengan mobilitas tinggi adalah Yamaha Motorcycle Connect dengan teknologi Communication Control Unit (CCU).

"Mungkin konsumen pernah terpikir kenapa motor saya lebih boros pada hari tertentu, misalnya Senin. Nah, fitur ini menjadi jawabannya karena menghubungkan sepeda motor dengan gawai. Beberapa informasi yang bisa didapatkan adalah notifikasi pesan, telepon, lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan, konsumsi bahan bakar, rincian berkendara dan peringatan malfunction," kata Agung.
Yamaha Motorcycle Connect dengan teknologi Communication Control Unit (CCU) memudahkan pengendara mendapatkan informasi kendaraan lewat gawai. (ANTARA/Ahmad Faishal)

Kepraktisan Grand Filano Hybrid-Connected juga didukung fitur Smart Front Refuel sehingga pengisian bahan bakar lebih praktis tanpa membuka jok. Dari sisi penyimpanan, unit ini memiliki kapasitas bagasi 27 liter alias yang terbesar di kelasnya sehingga dapat menampung barang bawaan lebih banyak.

 Selain itu, fitur Electric Power Socket juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi daya gawai. Untuk sistem kunci, skutik itu menggunakan sistem kunci pintar (smart key) yang dilengkapi fitur Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Seri ini sudah resmi mengaspal dengan dua varian, yaitu Yamaha Grand Filano Hybrid Connected Neo dengan banderol Rp27 juta dan varian Lux Rp27,5 juta on the road di Jakarta.

Baca juga: Ini alasan Yamaha Indonesia tidak tanam sistem ABS di Grand Filano

Baca juga: Yamaha optimalkan produksi Grand Filano Hybrid karena tinggi peminat

Baca juga: Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected meluncur, harga 27 jutaan
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023