Jakarta (ANTARA) - Sepanjang Februari selalu identik sebagai bulannya hari kasih sayang, yang kini maknanya tidak hanya bagi pasangan, tapi juga bisa dirayakan untuk diri sendiri.

Merayakan hari penuh cinta itu, Google mengungkapkan fakta-fakta menarik terkait dengan pencarian cinta sepanjang satu tahun terakhir.

Dalam siaran pers Google, Selasa, rupanya pencarian kata "cinta" paling banyak dilakukan oleh warga dari kota Padang Sidempuan di Sumatera Utara.

Kota ini menjadi kota paling teratas di Indonesia yang paling sering mencari arti dari "cinta".

Selain memahami arti cinta, cukup banyak yang melakukan pencarian dilakukan oleh orang-orang yang melajang terutama untuk mengenal lebih baik kepribadiannya.

Baca juga: Kiat sukses cari jodoh di Hari Valentine lewat aplikasi

Terlihat pada hasil pencarian terbanyak di tahun lalu yang mengungkap Medan di Sumatera Utara menjadi kota teratas yang menelusuri "kenapa aku jomblo".

Disusul oleh para pengguna Google di Jakarta, DKI Jakarta sebagai kota teratas yang paling sering menelusuri kata kunci "jodohku dimana".

Bahkan ada juga yang ingin tahu "akibat kelamaan jomblo", terbukti kata kunci itu menjadi penelusuran trending terpopuler terkait para jomblo di Google di Indonesia selama setahun terakhir.

Meski begitu tak sedikit dari para lajang yang berusaha mencari cara untuk mengekspresikan cinta kepada orang lain.

Hal itu terlihat dari hasil penelusuran seputar "cara deketin crush" dan "surat cinta" yang masing-masing naik lebih dari 530 persen dan lebih dari 60 persen sepanjang tahun kemarin.

Mereka yang berupaya membangun relasi juga terlihat dari meningkatnya penelusuran seputar "blind date" yang naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan pada periode 2021-2022, di Google di Indonesia.

Baca juga: Sambut Valentine, Museum Macan siapkan "Kencan di MACAN"

Pencarian "blind date" pun berhasil mencapai rekor tertingginya dalam 10 tahun terakhir pada bulan Maret 2022.

Fakta unik lainnya terkait pencarian "cinta", Google mengungkap banyaknya masyarakat yang hobi mencari kecocokan hubungan romantis berdasarkan zodiak.

Dalam data Google berikut penelusuran teratas terkait kecocokan pasangan berdasarkan zodiak di Indonesia pada tahun lalu:
"Virgo dan Capricorn"
"Leo dan Sagitarius"
"Aries dan Taurus"
"Aquarius dan Gemini"
"Capricorn dan Scorpio"

Di samping memulai perjalanan cinta, ada juga orang-orang yang ingin keluar dari hubungan tanpa status bahkan melepas pasangannya.

Terkait hal itu, berikut kata kunci yang paling sering dicari dalam setahun terakhir:
"Apa itu break up dalam hubungan?"
"How to break up in a romance simulation?"
"Pacar minta break artinya?"
​​​​"Should I break up with him?"
"How to get over a breakup?"

Baca juga: Inspirasi kado untuk orang terkasih saat Hari Valentine

Baca juga: Ide kencan dan kado Valentine berdasarkan zodiak

Baca juga: Rekomendasi hadiah Hari Valentine berdasarkan bulan lahir

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023