Ambon (ANTARA) - American Corner (Amcor) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon menggandeng sejumlah komunitas dan organisasi lingkungan melakukan kampanye “Malu Buang Sampah Sembarangan” di depan Gong Perdamaian Dunia Ambon.

Direktur Amcor Christian Albert Lewier mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Amcor Unpatti ini merupakan program Amboina Coastal Care (Peduli Pesisir Ambon) sebagai bentuk kepedulian untuk menjaga dan melestarikan lingkungan di Kota Ambon.

“Jadi, kegiatan ini diinisiasi oleh Amcor Unpatti dibantu oleh beberapa komunitas peduli lingkungan dan beberapa organisasi pemuda untuk menumbuhkembangkan jiwa kepedulian pada lingkungan dan kebersihan lingkungan,” kata Christian, di Ambon, Selasa.

Baca juga: Komunitas MCC beri edukasi pilah sampah kepada anak PAUD di Ambon

Amcor Unpatti adalah salah satu mitra kerja sama antara Kedutaan Besar Amerika Serikat dan Pemerintah Indonesia, khususnya di daerah timur Indonesia.

Amcor Unpatti menjadi tempat atau wadah pemberitahuan mengenai informasi tentang Amerika Serikat, informasi terkait pendidikan di Amerika Serikat, memberikan informasi tentang budaya di Amerika Serikat, alumni program, dan program Bahasa Inggris.

Menurut Christian, kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di Kota Ambon saat ini semakin berkurang. Selain itu, sampah plastik terlihat di mana-mana, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

“Hal ini perlu ditangani secara serius oleh berbagai pihak. Kami harapkan, dengan aksi kegiatan ini semakin banyak orang sadar akan kebersihan lingkungan, akan keindahan, dan juga bisa didukung oleh berbagai pihak khususnya pemerintah kota,” ujarnya.

Baca juga: Komunitas lingkungan bersihkan 3.891 kg sampah di Pantai Passo Ambon

Ia juga berharap pemerintah tetap menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya masih perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat Kota Ambon agar manajemen sampah dapat terlaksana dengan jauh lebih baik.

“Saya kira ini pesan dari aksi kami, supaya kita kembali mewujudkan Ambon Manise yang bersih,” ucap Christian.

Amboina Coastal Care adalah satu program yang melihat keberadaan daerah-daerah pesisir dalam satu agenda yakni, dengan penanaman mangrove, workshop, dan aksi melawan buang sampah sembarangan.

Program ini adalah serangkaian kegiatan yang dimulai dari bulan Januari hingga Maret 2023, yang terdiri atas sosialisasi, talkshow, kampanye, workshop, lomba show and tell.

Agenda sosialisasi bertema “Manfaat dan Fungsi Mangrove di Pesisir Pulau Ambon” telah dilaksanakan pada 25 Januari 2023 lalu.

Baca juga: Komunitas di Ambon aksi bersih sampah peringati hari bersih lingkungan

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Amcor Unpatti bersama Moluccas Coastal Care, dan didukung oleh komunitas lingkungan lainnya, yakni The Mulung, Green Moluccas, Kewang Muda Maluku, Tunas Bahari Maluku, Trash Hero Ambon, dan Beta Bank Sampah.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023