Jakarta (ANTARA) - PSM Makassar mengakhiri catatan tak terkalahkan Persib Bandung usai memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 pada pekan ke-24 Liga 1 Indonesia di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa.

Skuad Ayam Jantan dari Timur menghentikan torehan impresif dari Persib Bandung yang 15 pertandingan tak terkalahkan di bawah asuhan pelatih Luis Milla, demikian catatan Liga Indonesia.

PSM Makassar juga berhasil menjadi satu-satunya tim yang mampu mengalahkan Persib Bandung dua kali pada musim ini setelah pada putaran pertama lalu menghancurkan Maung Bandung dengan skor telak 5-1.

Pada pertandingan ini Persib Bandung sempat unggul lebih dulu berkat gol yang dicetak oleh Achmad Jufriyanto, namun PSM Makassar membalas melalui Ramadhan Sananta dan Yance Sayuri.

Baca juga: Hadapi Persib Bandung, Pelatih PSM minta pemain nikmati laga saja
Baca juga: Milla coba pertahankan tren positif Persib Bandung ketika hadapi PSM


Kemenangan ini mengantarkan PSM Makassar ke puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan 50 poin dari 24 laga, sedangkan Persib Bandung masih tertahan di peringkat ketiga dengan raihan 46 poin dari 23 pertandingan.

Pada babak pertama kedua tim bermain dengan tempo sedang dan baik Persib Bandung atau PSM Makassar tidak memiliki peluang yang membahayakan.

PSM lebih dulu memberikan ancaman ke lini pertahanan Persib melalui tendangan Kenzo Nambu yang masih menyamping dari gawang Teja Paku Alam.

Skuad asuhan Bernardo Tavares kembali mengancam gawang Persib, kali ini melalui tendangan bebas Wiljan Pluim, akan tetapi bola masih dapat ditepis oleh Teja.

Persib mampu unggul lebih dulu pada waktu tambahan babak pertama setelah umpan sepak pojok Rezaldi Hehanusa mampu dikonversi menjadi gol oleh Achmad Jufriyanto sehingga skor berubah menjadi 1-0. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Persik Kediri bidik hasil positif hadapi Bali United

Pada babak kedua PSM mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-54 usai Ramadhan Sananta memanfaatkan umpan dari Yakob Sayuri.

PSM berhasil membalikkan keadaan pada menit ke-66 setelah tendangan keras dari luar kotak penalti Yance Sayuri membobol gawang Persib sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Setelah berbalik unggul, PSM mencoba bermain disiplin dan memperkokoh pertahanan mereka, di sisi lain, Persib kesulitan menembus lini belakang Juku Eja yang dipimpin oleh Yuran Fernandes.

Pada sisa waktu babak kedua, Persib berupaya terus untuk mencari gol penyeimbang, akan tetapi solidnya lini pertahanan PSM menggagalkan berbagai upaya dari Maung Bandung. Skor 2-1 untuk kemenangan tim tamu tetap bertahan.

Selanjutnya PSM Makassar akan menjamu Persik Kediri pada pekan ke-25 Liga 1 Indonesia, Minggu (19/2) mendatang, sedangkan Persib Bandung akan bertandang ke markas RANS Nusantara FC, di hari yang sama.

Baca juga: Isnan Ali berharap kepada ketajaman Gustavo Tocantins hadapi Rans
Baca juga: Marc Klok anggap lawan PSM Makassar merupakan pertandingan spesial

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023