Jakarta (ANTARA) - Calon Ketua Umum PSSI LaNyalla Mattalitti mendapatkan usulan lima nama calon wakil ketua umum (waketum) PSSI 2023-2027 dari para pemilik suara (voter) pendukungnya, yang dinilai cocok mendampinginya jika terpilih.

"Jika menjadi ketua umum terpilih, Insyaallah saya akan menyerahkan semuanya kepada 'voter', silakan yang mau mendampingi saya sebagai wakil ketua umum," ujar LaNyalla yang juga menjabat sebagai Ketua DPD RI itu di Jakarta, Selasa.

Adapun kelima nama yang direkomendasikan oleh pendukung LaNyalla sebagai waketum adalah Ahmad Riyadh, I Gede Widiade, Zainudin Amali dan Ratu Tisha.

Dia menghargai aspirasi dari 'voter' suporternya itu dan sudah berkomunikasi dengan nama-nama yang telah disebutkan.

Baca juga: LaNyalla optimistis terpilih jadi ketua umum PSSI 2023-2027

Kemudian, LaNyalla juga menyiapkan 10 sosok anggota Exco 2023-2027 yang berpotensi untuk bersama dirinya di dalam kepengurusan PSSI ketika sah berstatus ketua umum.

Mereka yaitu Tommy Apriantono (pakar sains sepak bola), Indra Rajo Lelo (sepak bola amatir), Rudi Yulianto (keamanan sepak bola), Kairul Anwar (legal sepak bola), Syafril Nasution (media sepak bola), Muhammad (sepak bola usia muda), Tigorshalom Boboy (hubungan dengan pemerintah), Sigit Widodo (sepak bola amatir), Yeyen Tumena (mantan pemain tim nasional Indonesia) dan Ganisa Rumpoko (pakar pengembangan suporter) yang juga alumni dari Liverpool.

"Untuk dua nama lain (anggota Exco PSSI berjumlah 12-red) memang sengaja saya kosongkan. Nanti terserah para 'voter' mau menunjuk siapa," tutur LaNyalla.

Soal sosok-sosok di atas, Ketua Umum PSSI 2015-2016 itu menegaskan bahwa dirinya memang tidak ingin melibatkan pengurus lama di dalam jajarannya jika terpilih jadi orang nomor satu di PSSI.

LaNyalla hanya memberikan satu slot untuk anggota Exco 2019-2023 yaitu Ahmad Riyadh, ketua Asprov PSSI Jawa Timur.

Baca juga: LaNyalla janjikan Rp1 miliar untuk setiap Asprov jika jadi Ketum PSSI

"Dari awal saya mempunyai komitmen tidak akan memakai pengurus lama. Hanya satu yang saya akomodasi yaitu Ahmad Riyadh sebagai waketum," kata pria berusia 63 tahun itu.

Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan PSSI menetapkan 76 nama calon tetap ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI periode 2023-2027 yang berhak dipilih di KLB PSSI pada 16 Februari 2023.

Mereka adalah lima calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum dan 55 calon anggota Exco.

Sebanyak lima calon ketua umum PSSI 2023-2027 yaitu AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemie Francis.

Baca juga: LaNyalla akan pisahkan operator Liga 1-Liga 2 jika jadi Ketum PSSI
Baca juga: LaNyalla: Pembangunan sepak bola harus dimulai dari tingkat Asprov


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023