Surabaya (ANTARA) - Bumi Borneo Basketball Pontianak memenangi pertandingan ketat melawan Indonesia Patriot dengan skor 68-60 dalam seri ketiga lanjutan Liga Basket Indonesia, di DBL Arena Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Pelatih Bumi Borneo Basketball Pontianak Tondi Raja Syailendra mengatakan, kemenangan timnya dikarenakan para pemainnya menjalankan strategi sesuai dengan skema permainan yang sudah disusun.

"Ada tiga aspek, pertama kami bisa stop pemain mereka (Indonesia Patriots) Beane, karena mereka punya ketergantungan pada dia, kedua bisa menghentikan shooter mereka, ketiga bisa meredam rebound mereka," ujarnya seusai pertandingan.

Di sisi lain, kemenangan ini juga dikarenakan adanya evaluasi pada sektor pertahanan timnya.

Baca juga: Bali United menang dramatis atas West Bandits Solo 77-73

Dia berharap para pemainnya bisa mempertahankan performa untuk menghadapi laga selanjutnya.

"Bisa konsisten supaya bisa mengatasi permainan selanjutnya," katanya menambahkan.

Sementara itu, Pelatih Indonesia Patriots Mlos Pejic menyebut para pemain Bumi Borneo lebih bisa memanfaatkan setiap peluang yang didapatkan. Hal tersebut dirasa mampu memberikan dampak besar pada skor akhir pertandingan.

Selain itu, kata dia, para pemainnya juga kesulitan mengatasi pertahanan yang dibangun oleh para pemain Bumi Borneo.

"Soal pertandingan tidak ada yang menginginkan kekalahan, tetapi ini basket. Mereka (Bumi Borneo) bermain sangat ketat, beberapa tembakan mereka tepat," katanya.

Baca juga: Pelita Jaya Bakrie susah payah atasi Mountain Gold Timika 84-79

Pada kuarter pertama pertandingan antara Indonesia Patriots melawan Bumi Borneo Basketball Pontianak berjalan berimbang. Kedua tim menampil permainan agresif sejak awal.

Kuarter tersebut ditutup dengan keunggulan tipis Bumi Borneo dengan 21 poin berbanding 20 poin milik Indonesia Patriot.

Pertarungan sengit kembali tersaji pada kuarter kedua. Bumi Borneo maupun Indonesia Patriots saling memburu tambahan poin.

Kuarter tersebut berhasil diamankan Bumi Borneo dengan torehan 35 poin berbanding 29 poin milik Indonesia Patriots.

Kuarter ketiga Bumi Borneo menguasai jalannya pertandingan, sekaligus menjaga selisih perolehan poin dari Indonesia Patriots. Kuarter tersebut ditutup dengan keunggulan Bumi Borneo atas Indonesia Patriots dengan skor 55-42.

Pada kuarter keempat, Bumi Borneo semakin menjauh dari kejaran Indonesia Patriots. Namun, para pemain Indonesia Patriots memberikan perlawanan sengit.

Hasilnya, kuarter tersebut ditutup dengan selisih delapan poin untuk kemenangan Bumi Borneo atas Indonesia Patriots 68-60.

Pemain Bumi Borneo Basketball Pontianak Randy Bell mencetak 27 poin. Sedangkan, pemain Indonesia Patriots Dame Digne mencetak 17 poin.

Baca juga: Sindir pemain IBL usia 40, Erick Thohir minta pembinaan diperkuat

 

Pewarta: Ananto Pradana/Abdul Hakim
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023