Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti yakin terpilih menjadi ketua umum PSSI 2023-2027 karena merasa didukung oleh sekitar 44 pemilik suara (voter).

"Kalau saya bilang Insya Allah menang, berarti saya sudah mempunyai 44 suara. Yang penting selisih satu, saya menang," ujar LaNyalla di Jakarta, Selasa.

Ketua Umum PSSI 2015-2016 itu pun mengaku tidak memiliki persiapan khusus menjelang Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar pada 16 Februari 2023.

LaNyalla menyebut dirinya selalu berdoa dan menyerahkan apapun hasil pemilihan di KLB kepada Tuhan.

"Yang penting saya sudah berikhtiar. Dalam waktu dua hari ini, saya hanya berdoa kepada Allah. Saya yakin bahwa kalau memang ditakdirkan oleh Allah jadi ketua umum PSSI, tidak ada yang dapat menghalangi. Saya hanya menjemput takdir," tutur pria berusia 63 tahun itu.

Baca juga: LaNyalla janjikan Rp1 miliar untuk setiap Asprov jika jadi Ketum PSSI
Baca juga: KP-KBP pantau kampanye calon Exco PSSI termasuk antisipasi suap


Sementara terkait persaingan dengan empat calon ketua umum PSSI lainnya termasuk Menteri BUMN Erick Thohir, LaNyalla menegaskan bahwa semuanya memiliki peluang yang sama untuk mengisi kursi nomor satu di PSSI.

Dirinya menghormati para pesaing dan enggan menilai lebih jauh kandidat lain tersebut.

"Saya hanya mau berbicara dan fokus di strategi saya. Lainnya, biar 'voter' yang menilai," kata LaNyalla.

Sebelumnya, Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhannudin mengatakan bahwa pemilihan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027 di KLB pada 16 Februari 2023 dilakukan dengan pemungutan suara dan penghitungannya memakai mekanisme 50 persen+1. Adapun "voter" PSSI berjumlah 87.

Baca juga: KP: Pemilihan Exco PSSI pakai mekanisme 50 persen+1

"Agar dinyatakan terpilih, mereka (para calon-red) harus mendapatkan suara 50 persen plus satu dari yang total pemilik suara yang hadir," kata Amir.

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menjadi salah satu dari lima calon ketua umum PSSI 2023-2027 selain Erick Thohir, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi dan Fary Djemy Francis.

Pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif PSSI 2023-2027 akan dilakukan di KLB PSSI pada 16 Februari 2023.

KP dan Komite Banding Pemilihan PSSI menetapkan 76 nama calon tetap ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI periode 2023-2027 yang berhak dipilih di KLB itu.

Mereka adalah lima calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum dan 55 calon anggota Exco.

Baca juga: LaNyalla dapat usulan lima waketum dari "voter" jika jadi ketum PSSI
Baca juga: KP-KBP: 76 nama calon tetap Exco baru PSSI termasuk LaNyalla-Thohir

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023