Agar mereka memiliki cita-cita untuk menjadi peternak yang maju. Mereka harus punya cita-cita untuk membangun desanya dan membangun Kalimantan Timur agar lebih maju...
Samarinda (ANTARA) - Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi mendorong Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) setempat menggiatkan pelatihan kepada para peternak dalam upaya mewujudkan kemajuan peternakan di provinsi itu menuju swasembada daging.

"Saya sangat setuju dan mengapresiasi kalau DPKH terus memberikan pelatihan-pelatihan kepada para peternak," kata Hadi Mulyadi saat membuka Rapat Konsultasi dan Koordinasi Teknis Daerah (Rakontekda) dan Forum Perangkat Daerah (FPD) Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2023 se-Kalimantan Timur di Balikpapan, Selasa.

Kegiatan tersebut digelar oleh DPKH Kaltim mengusung dengan tema Bangkit Bersama menuju Kaltim Bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Pemberdayaan Ekonomi Peternak yang Berdaulat, yang berlangsung pada 13-15 Februari 2023.

Wagub Hadi Mulyadi menyambut baik pelaksanaan Rakontekda dan FPD 2023 untuk percepatan pencapaian pembangunan peternakan yang berdaulat serta meningkatkan perekonomian rakyat, khususnya para peternak.

"Para peternak harus diberikan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan agar mampu berdaya saing untuk menciptakan hewan ternak yang sehat dan layak di konsumsi masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Wagub: Kaltim butuh SDM kompetitif bidang pertanian dan peternakan

Wagub mengharapkan pelatihan yang dilaksanakan tidak sekedar untuk melakukan veteriner kepada hewan, tetapi memiliki visi yang jauh ke depan yaitu membangun Kaltim menjadi provinsi yang surplus hewannya.

Ia mengatakan cita- cita besar ini harus dibangun kepada para peternak, agar mereka punya visi dan misi yang jelas dalam menjalankan usaha.

"Pola pikir positif ini perlu kita bangun. Kata kuncinya adalah pendidikan (pelatihan)," ungkapnya.

Wagub juga berharap kepada Dinas Peternakan tidak hanya bertemu dengan peternak, tetapi juga pelajar, baik SMP, SMA, hingga mahasiswa. "Agar mereka memiliki cita-cita untuk menjadi peternak yang maju. Mereka harus punya cita-cita untuk membangun desanya dan membangun Kalimantan Timur agar lebih maju dengan kemampuan yang ada pada diri mereka," tuturnya.

Seandainya, lanjut Wagub, ada 10 sekolah yang didatangi, mungkin ada 10 persennya tertarik dengan peternakan.

"Nanti setiap OPD (Organisasi Perangkat Desa) di kabupaten dan kota di Kaltim bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk memajukan peternak. Ini pekerjaan rumah kita," kata Wagub Hadi Mulyadi.

Baca juga: Kaltim datangkan 8.000 sapi bibit /tahun
 

Pewarta: Arumanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023