Ambon (ANTARA) -
Pemerintah Kota Vlissingen, Belanda, dan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama bidang pendidikan berupa pertukaran mahasiswa dan dosen.

Penandatangan MoU dilakukan Wali Kota Vlissingen Bas Van den Tillar dan Rektor Unpatti Marthinus Johanes Saptenno, di aula Unpatti Ambon, Rabu

Wali Kota Vlissingen mengatakan, kerja sama yang dilakukan saat ini menindaklanjuti program yang telah dilakukan dengan Unpatti.

Baca juga: Ambon-Vlissingen lanjutkan kerja sama kota kembar bidang kesehatan

"Kami berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi kedua pihak," katanya.

Rektor Unpatti MJ Saptenno mengatakan, kerja sama diarahkan pada bidang pendidikan yakni pertukaran mahasiswa dan dosen untuk melanjutkan pendidikan baik magister maupun program magang di Belanda.

Baca juga: Pemerintah Vlisisngen - SSVA bantu 23 alat pacu jantung di Ambon

Begitu pula mahasiswa dan dosen dari Vlissingen, Belanda, bisa belajar di Unpatti Ambon.

Kerja sama ini, kata dia, penting mengingat Maluku membutuhkan tenaga kesehatan dan pendidikan.

"Saat ini kami juga sementara membuka kursus Bahasa Belanda di Unpatti bagi tenaga kesehatan khususnya perawat yang akan dikirim ke Belanda," ujarnya.

Baca juga: Kerjasama "sister city" Ambon-Vlissingen didukung pemerintah pusat

Selain melakukan penandatanganan MoU, Wali Kota Vlissingen juga memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Unpatti, serta melakukan kunjungan ke lima fakultas, yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Perikanan, dan Fakultas Teknik.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023