Jakarta (ANTARA) - Ketua Penyelenggara Musyawarah Nasional Pengurus Besar Persatuan Golf Seluruh Indonesia (PB PGI) Agus Suhartono mengatakan telah menerima pendaftaran tiga nama bakal calon ketua umum PB PGI periode 2023-2027.

Mereka adalah Ahmad Sahroni dan Boy Rafli Amar yang mendaftar pada Jumat (3/2) serta Japto Soerjosoemarno yang mendaftar pada Kamis (9/2) atau sehari menjelang penutupan pendaftaran bakal calon ketua umum PB PGI oleh Tim Penjaringan dan Penyaringan. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada ketiga bakal calon ketua umum PB PGI yang sudah mendaftarkan diri dengan tertib," ujar Agus dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selanjutnya, Tim Penjaringan dan Penyaringan akan memverifikasi seluruh berkas dari bakal calon yang mendaftar.

Adapun penetapan bakal calon menjadi calon dilaksanakan dalam Musyawarah Nasional yang dijadwalkan bergulir di Intercontinental Jakarta Pondok Indah, pada 20-21 Februari.

Agus berharap seluruh anggota PGI yang memiliki hak suara yaitu Pengurus Provinsi (Pengprov), Pengurus Kota (Pengkot), Pengurus Kabupaten (Pengkab), klub, lapangan golf, serta fasilitas pelatihan golf dapat hadir dan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang bergulir empat tahun sekali tersebut.

"Kami mengingatkan agar seluruh peserta Musyawarah Nasional dapat mengikuti aturan yang telah ditetapkan dan mentaati tata tertib yang telah disepakati," ujar Agus yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PB PGI 2018-2022 itu.

Ketiga bakal calon ketua umum PB PGI juga berharap Musyawarah Nasional tahun ini dapat berjalan dengan baik termasuk dalam proses pemilihan ketua umum baru yang menjadi agenda utama.

"Saya berharap pemilihan ini dapat berjalan demokratis dan menjunjung tinggi sportivitas. Hasil menjaga fairplay sehingga persatuan dan kesatuan dapat terjaga," kata Boy.

Dua tokoh lainnya yaitu Ahmad Sahroni yang merupakan anggota DPR RI dan Japto Soerjosemarno yang dikenal sebagai tokoh Pemuda Pancasila juga mengingatkan agar PB PGI selaku pelaksana dan penanggung jawab munas wajib bersikap netral dan menjalankan ketentuan sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sehingga munas berlangsung bersih, adil, dan bertanggung jawab.

Para peserta yang datang wajib membawa surat mandat yang sudah ditandatangani oleh ketua. Dalam pemilihan ketua umum, pengprov memiliki hak dua suara sedangkan anggota lainnya masing-masing memiliki hak satu suara.

PB PGI bakal memiliki ketua umum baru untuk menggantikan Murdaya Po. Sesuai AD/ART, Murdaya tak bisa lagi mencalonkan diri sebagai ketua umum PGI karena sudah menjabat untuk dua periode.

Dalam munas juga akan dilaksanakan penyampaian pertanggungjawaban kepengurusan PB PGI periode 2018-2022.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023