Hong Kong (ANTARA) - Orang-orang dari berbagai negara termasuk Indonesia sudah bisa melancong ke Hong Kong seiring dibukanya wilayah administratif khusus China itu sejak awal Februari tanpa pembatasan COVID-19.
 
Secara umum, wisatawan perlu menyiapkan hasil tes antigen sebelum mengunjungi Hong Kong saat pandemi seperti saat ini, salah satunya hasil tes antigen cepat (dengan hasil negatif) dalam waktu 24 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat yang dijadwalkan.
 
Sebaiknya, simpan juga foto cassette yang menunjukkan hasil tes di smartphone untuk diperlihatkan pada petugas Pemerintah termasuk di bagian imigrasi bandara jika mereka memintanya. Persyaratan ini berlaku pada wisatawan mancanegara berusia empat tahun ke atas.

Baca juga: Hong Kong Peak Tram kembali beroperasi setelah renovasi

Wisatawan disarankan 
menyiapkan asuransi perjalanan yang mencakup perlindungan COVID-19. Sementara itu, tidak ada persyaratan vaksinasi yang diperlukan.
 
Bagi mereka yang akan berkunjung pada bulan Februari, sebaiknya bawa pakaian hangat karena saat itu masih musim dingin dengan suhu rata-rata 12 derajat Celcius hingga 20 derajat Celcius.
 
"Suhu malam tidak akan turun drastis dibandingkan pagi hari, sekitar satu atau dua derajat," kata Pemandu tur Carolus Chui dalam sebuah perjalanan bertema "Hello Hong Kong bersama Hong Kong Tourism Board (HKTB) awal pekan ini.
 
Pakaian hangat dan bahkan jaket cukup tebal juga dibutuhkan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Cheung Chau pada bulan ini.

Pada Selasa (15/2) misalnya, suhu siang hari mencapai 14-15 derajat Celcius dengan kondisi berangin dan matahari bersinar.

Saat tiba dan selama di Hong Kong, wisatawan perlu memperhatikan pemakaian masker. mengatakan para pelancong masih wajib memakai masker di tempat umum termasuk transportasi publik, ruang publik seperti mal dan taman.
 
"Masker diperbolehkan dilepas hanya saat makan dan minum baik di restoran maupun di lokasi lainnya yang diperbolehkan makan atau minum," demikian tutur Carolus.
 
Hong Kong yang sebagian besar ditutup selama hampir tiga tahun terakhir sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 akhirnya menyambut pengunjung dari seluruh dunia, melalui kampanye promosi global "Hello Hong Kong" yang resmi diluncurkan pada 2 Februari 2023.
 
Kampanye ini mencakup serangkaian video tematik yang menampilkan akan menampilkan para pebisnis, influencer, Hong Kong Super Fans, dan selebritas Hong Kong termasuk legenda Cantopop Aaron Kwok, Sammi Cheng dan Kelly Chen.
 
Kemudian, untuk menarik pengunjung pihak HKTB akan membagikan sebanyak 500.000 tiket pesawat gratis ke berbagai pasar secara bertahap, melalui tiga maskapai penerbangan dalam negeri, yaitu Cathay Pacific Airways, Hong Kong Express, dan Hong Kong Airlines, mulai Maret mendatang.
 
Selain tiket pesawat, ada juga penawaran penyambutan dari 16.000 gerai di seluruh kota yang telah disiapkan HKTB dan sektor pariwisata dan perhotelan untuk menyambut kembali para pengunjung.

Baca juga: Resorts World Cruises mulai perjalanan kembali di Hong Kong

Baca juga: Hong Kong cabut syarat pembatasan untuk wisatawan mancanegara

Baca juga: Hong Kong izinkan kelompok wisatawan pada November

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023