Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan segera membenahi kerusakan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura agar masyarakat setempat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Asisten Bidang Umum Setda Papua Derek Hegamur di Jayapura, Kamis, mengatakan hingga kini pasien masih berada di luar gedung rumah sakit di mana ada beberapa bangunan yang mengalami keretakan sehingga perlu dilakukan perbaikan.

“Tim dari Pemprov saat ini sedang melakukan asesmen bangunan di beberapa rumah sakit yang ada di Kota Jayapura serta beberapa gedung pemerintah provinsi yang lainnya,” katanya.

Menurut Derek, ada beberapa bagian utama Gedung RSUD Jayapura rusak parah, kemudian lantai satu Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) juga mengalami hal yang sama sehingga ini menjadi perhatian pemerintah yang diutamakan.

Baca juga: Satgas bencana BUMN Papua beri bantuan bagi korban gempa Kota Jayapura

Baca juga: Presiden Jokowi salurkan paket bahan pokok bagi korban gempa Jayapura


“Hingga kini kami terus melakukan pemantauan mengenai kondisi para pasien yang berada di tenda, meski begitu pelayanan lainnya masih berjalan dengan normal,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk rumah sakit di Kota Jayapura ada beberapa yang menjadi catatan kerusakan dan pihaknya akan membantu tentunya dengan secara bertahap.

“Kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada, dan selalu mengecek kondisi lingkungan tempat tinggal serta selalu menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit,” katanya lagi.

Dia menambahkan berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo mengakibatkan 20 fasilitas umum rusak, perumahan dan pemerintahan mengalami rusak ringan hingga berat.*

Baca juga: Mensos beri santunan Rp15 juta bagi ahli waris korban gempa Jayapura

Baca juga: Hoaks! Peringatan BMKG soal gempa susulan di Jayapura


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023